Organisasi Sayap Kanan Golkar Siap Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres 

Hasil survei, Emil masuk dalam 5 besar capres terkuat

Bandung, IDN Times - Salah satu organisasi sayap kanan Partai Golkar, Angkatan Muda Siliwangi (AMS), siap mendorong Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Sosok Emil dianggap tepat mewakili masyarakat Sunda untuk bisa memimpin Indonnesia.

Ketua Umum AMS Noeri Firman mengatakan, selama ini masih sedikit orang dari suku Sunda yang masuk jajaran pemerintahan. Apalagi duduk sebagai orang nomor satu atau dua di Indonesia sampai sekarang belum ada.

"Geus wayah mapag ku Sunda Mimpin Nagara. (Sudah saatnya orang Jawa Barat menjadi Pemimpin Negara)," ujar Noeri ditemui saat peringatan AMS di Kampus Widyatama.

Noeri belum menyebutkan secara spesifik siapa tokoh Jawa Barat yang akan didukung AMS dalam pemilihan Presiden nantinya. Namun beberapa nama termasuk Ridwan Kamil masuk radar dukungan AMS.

"Yang penting harus dari Jawa Barat, saya kira banyak orang Jawa Barat ada Pak Ridwan Kamil, Pak Airlangga, Pak Anis Baswedan yang katanya berdarah Kuningan, ada Pak Andhika Perkasa, calon Panglima, kita belum tahu," katanya.

1. Bisa saja maju dengan Airlangga

Organisasi Sayap Kanan Golkar Siap Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres IDN Times/Galih Persiana

Menurut Noeri, Ridwan Kamil dan Airlangga sendiri merupakan dua tokoh yang representatif untuk didorong menjadi Presiden 2024.

"Pak Airlangga ketua partai dan Pak Emil Gubernur Jabar, mari kita dorong agar tokoh-tokoh ini menjadi tuan di Jawa Barat," katanya.

Salah satu alasan kenapa orang Jawa Barat harus memimpin negara, kata dia, karena orang Jawa Barat memiliki karakter kesundaan seperti suka damai dan menjunjung tinggi kebersamaan.

"Kami menginginkan orang Sunda (Jawq Barat) memimpin Negara. Negeri ini saya lihat sudah porak poranda oleh perilaku politisi yang kurang pada tempatnya dan orang Jawa Barat tidak punya perilaku seperti itu," ucapnya.

2. Emil siap jadi kuda hitam

Organisasi Sayap Kanan Golkar Siap Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres Dok. Humas Jabar

Sementara itu, pengamat politik dari Unpad, Profesor Muradi menuturkan, kemungkinan Emil maju dalam Pilpres 2024 sangat memungkinkan. Meski dalam sejumlah survei dia hanya menempati lima besar, tapi bisa jadi kuda hitam karena Emil selama ini masih minim dukungan partai politik.

"Jadi RK ini memang menarik. Dalam setiap survei namanya masih bersaing walaupun belum masuk tiga besar. Tapi selama ini banyak orang yang sudah mengenalnya," ungkap Muradi ditempat yang sama.

Hal yang harus dipastikan ke depannya sebelum persiapan Pilpres adalah merangkul partai politik yang memang sepemahaman dengannya. Jangan sampai salah pilih partai atau tidak punya kepastian harus masuk ke partai yang mana.

3. Masih belum masuk tiga besar

Organisasi Sayap Kanan Golkar Siap Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres Ilustrasi bendera partai politik (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Meski Pemilu 2024 masih tiga tahun lagi, beberapa lembaga survei sudah merilis perhitungan elektabilitas para tokoh politik. Lembaga Poltracking Indonesia juga turut merilis hasil survei mengenai calon presiden (capres) 2024.

Dari hasil surveinya, Poltracking menarik kesimpulan bahwa ada tiga capres yang bakal bersaing di 2024. Siapa saja?

"Survei ini bisa disimpulkan ada tiga calon presiden terkuat, yaitu 3 nama tadi, Ganjar, Prabowo, dan Anies, ditambah nama-nama lainnya," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, saat konferensi pers virtual, Senin (25/10/2021).

Hanta menjelaskan capres potensial 2024 dimungkinkan berasal dari tiga jalur. Berdasarkan kesimpulan surveinya, Hanta mengatakan para capres itu berasal dari jalur kepala daerah atau gubernur, ketua umum partai politik, dan menteri.

Dia mengatakan capres dari jalur gubernur berasal dari pulau Jawa. Gubernur-gubernur yang berpotensi kuat menjadi capres adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Baca Juga: Menteri Jokowi Sibuk Sosialisasi Menuju Pilpres, Ini Respons Gerindra

Baca Juga: Politik Identitas dan Hoaks Diperkirakan Bermunculan pada Pilpres 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya