Operasi Zebra, Polda Jabar Catat Sejuta Penindakan dalam Dua Pekan 

Penindakan dengan menggunakan Etle dioptimalkan

Bandung, IDN Times - Jajaran Direktorat Satuan Lalulintas bersama dengan Polrestabes, Polresta serta Polres di wilayah Jawa Barat, baru saja melaksanakan Ops Zebra Lodaya 2023. Pada pelaksanaan yang di gelar selama dua minggu banyak penindakan yang dilakukan pihak kepolisian.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan pelaksanaan Ops Zebra Lodaya 2023, tergelar pada 4 September 2023 sampai dengan 17 September 2023. Dalam penindakannya, angka penerapan tilang manual masih lebih tinggi dari pada penindakan dengan cara dengan Etle mobile atau Etle statis.

"Penindakan tilang manual, tercatat ada 5.878 penindakan," ungkap Ibrahim, Selasa (19/9/2023).

1. Manfaatkan penindakan lewat Etle

Operasi Zebra, Polda Jabar Catat Sejuta Penindakan dalam Dua Pekan Kamera CCTV ETLE yang terpasang di jalan Pandanaran, Rabu, 24 Maret 2022. (Tribun Jateng/Rahdan Tri Joko Pamungkas)

Ibrahim menuturkan, berdasarkan catatan laporan, penindakan dengan Etle Statis tercatat sebanyak 118 penindakan. Sementara untuk penindakan dengan Etle mobile tercatat ada 3.199 penindakan.

"Kita lakukan tindakan teguran (pelanggaran lalu lintas) dengan total penindakan sebanyak 1.497.729," ucapnya.

Jumlah total penindakan dan teguran yang dilakukan jajaran Ditlantas Polda Jabar bersama dengan jajaran satuan wilayah, tercatat ada 1.506.924.

2. Penindakan terbanyak ada di Polrestabes Bandung

Operasi Zebra, Polda Jabar Catat Sejuta Penindakan dalam Dua Pekan Illustrasi tilang elektronik. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Dari 23 Polres yang turut menggelar Ops Zebra Lodaya 2023, penindakan tilang paling banyak tercatat dilakukan oleh jajaran Satlantas Polrestabes Bandung dengan 1.159 penindakan. Kemudian disusul oleh Polresta Cirebon dengan total penindakan sebanyak 1.031 penindakan pelanggar lalu lintas.

3. Polda Metro Jaya mulai lakukan operasi zebra

Operasi Zebra, Polda Jabar Catat Sejuta Penindakan dalam Dua Pekan Ilustrasi Operasi Zebra 2022. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Polda Metro Jaya menggelar Operasi Jaya 2023 mulai Senin, 18 September 2023. Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suyudi Ario Seto mengatakan pihaknya mengerahkan ribuan personel pada operasi yang digelar sampai Minggu,1 Oktober 2023.

"Personel dari satuan tugas daerah yaitu 1.349 personel dan dari satuan tugas polres itu 1.590 personel," ujar Suyudi, Senin (18/9/2023).

Suyudi mengatakan operasi ini memiliki tiga tujuan. Pertama, meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam lalu lintas. Lalu, menurunkan angka kecelakaan.

"Ketiga terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran, lalu lintas," ujarnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya