Oded Pastikan Uji KIR di Bandung Tidak Ada Pungli

Dishub Bandung akan bangun tempat uji kir di Dago

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M Danial melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Perhubungan, di kawasan Gedebage, Kota Bandung, Kamis (21/11). Kedatangannya untuk melihat kondisi tempat uji kir sekaligus memastikan praktik pengecekan kendaraan ini tidak ada pungutan liar (pungli).

Oded tiba di Kantor Dishub Kota Bandung didampingi beberapa stafnya. Kedatangan Oded langsung disambut sejumlah pegawai termasuk Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Ricky Gustiadi. 

Dia pun langsung menuju lokasi pengujian kir kendaraan. Oded nampak memerhatikan satu per satu kendaraan yang tengah diperiksa kelengkapan surat hingga masalah kelaikan kendaraan. 

1. Jangan sampai ada pungutan untuk pengecekan ini

Oded Pastikan Uji KIR di Bandung Tidak Ada PungliIlustrasi korupsi. (IDN Times/Sukma Shakti)

Oded juga sempat berbincang dengan pengemudi untuk menanyakan terkait pelayanan yang dilakukan. Hal itu dia lakukan guna memastikan pelayanan yang diberikan berjalan baik dan ingin memastikan tidak ada pungutan liar. 

"Saya lihat uji kir sudah cukup bagus, dari mulai pra2. Supir kendaraan sebut uji kir berjalan baikadministrasi dan lain-lain. Pembayaran juga sudah ke Bank BJB, sudah tidak lagi bersentuhan dengan petugas," kata Oded, di lokasi pengujian kir Dishub Bandung, Kamis (21/11). 

2. Supir kendaraan sebut uji kir berjalan baik

Oded Pastikan Uji KIR di Bandung Tidak Ada PungliIDN Times/Yogi Pasha

Menurut Oded, pelayanan uji kir yang dilakukan Dishub Bandung sudah cukup baik. Dia juga memastikan sudah tidak ada lagi praktik pungutan liar yang dilakukan petugas kepada para pengemudi. 

"Tadi saya nanya ke supir pengemudi, menurut mereka sudah tidak ada lagi pungutan-pungutan liar. Ini baik, mohon ke Pak Ricky pelayanan ini harus dipertahankan. Kita harus melakukan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat," ucapnya. 

3. Dishub Bandung siapkan tempat uji kir di Terminal Dago

Oded Pastikan Uji KIR di Bandung Tidak Ada PungliDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Bandung Ricky Gustiadi memastikan siap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu yang tengah diupayakan adalah pembangunan gedung uji kir baru di Terminal Dago.

Di lokasi tersebut rencananya akan dikhususkan untuk melayani uji kir kendaraan berukuran kecil. Dia perkirakan gedung kir yang masih dalam tahapan pembangunan itu baru bisa beroperasi di awal 2021 mendatang. 

"Gedung kontruksi sipil sudah ada, tapi finishing, terus peralatan belum. Targetnya 2021 sudah operasi," ujarnya. 

Baca Juga: Program Anak Ayam di Bandung Wujud Nyata Revolusi Mental di Indonesia

Baca Juga: Imbas Cuaca Ekstrem dan Survive, Harimau Sumatera Keluar dari Hutan  

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya