Observasi di Natuna Selesai, Pemprov Siapkan Mobil untuk 9 Warga Jabar

Pemprov siapkan kendaraan untuk antar mereka ke rumah

Bandung, IDN Times - Masa observasi COVID-19 atau virus corona bagi 238 Warga Negara Indonesia (WNI) di Natuna, Kepulauan Riau, sudah berakhir. Ratusan WNI yang dipulangkan dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok itu dinyatakan dalam kondisi sehat dan tidak terpapar virus corona.

Pemerintah Indonesia pun berencana mengembalikan 238 WNI tersebut ke daerahnya masing-masing pada hari ini, Sabtu(15/2). Rencananya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan mendampingi sembilan warga asal Jabar itu hingga ke daerah asalnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, telah menyiapkan kendaraan untuk mengantar sembilan warga Jabar hingga ke rumah di daerah asalnya. Dia pun menyambut gembira para WNI yang telah diobservasi dengan hasil negatif corona tersebut.

"Semuanya dinyatakan sehat. Kami sudah menyiapkan penjemputan dengan kendaraan berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota untuk mengantar sembilan orang asal Jabar dari Jakarta ke rumah masing-masing,” kata Ridwan melalui siaran pers.

1. Semua akan diantar sampai ke daerahnya masing-masing

Observasi di Natuna Selesai, Pemprov Siapkan Mobil untuk 9 Warga JabarSejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan China di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kementerian Kesehatan menyatakan, dari proses observasi selama 14 hari terhadap 285 WNI di Natuna, semuanya sehat. Mereka direncanakan diterbangkan dari Natuna ke Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta pada siang ini.

Pihak Pemprov Jabar telah menyiapkan penjemputan di Bandara Halim Perdanakusuma, selanjutnya mengantar sembilan warga asal Jabar itu ke daerah asalnya.

“Semoga semuanya lancar sampai tujuan. Kita doakan bersama pula Indonesia dijauhkan dari masalah ini,”ujar Emil.

2. Tak berlakukan isolasi untuk WNI yang pulang dari Natuna

Observasi di Natuna Selesai, Pemprov Siapkan Mobil untuk 9 Warga JabarANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pemprov Jabar pun tidak memiliki rencana isolasi atau karantina ulang, kepada sembilan WNI dari Wuhan di Natuna yang akan kembali ke Jawa Barat dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Berli Hamdani Gelung Sakti mengatakan, Pemprov Jabar tidak akan melakukan karantina ulang terhadap sembilan warga jabar yang akan dipulangkan tersebut.

"Tidak ada karantina, karena sudah selesai. Jadi kalau sudah lewat masa inkubasi, mereka lebih aman terjamin kesehatannya dibanding kita," ujar Berli saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (14/2).

3. Pemulangan langsung dari Kemenlu

Observasi di Natuna Selesai, Pemprov Siapkan Mobil untuk 9 Warga JabarPetugas medis mengarahkan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang telah disemprot cairan disinfektan setibanya di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2). ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI

Berli mengatakan, pemulangan akan langsung dikomandoi oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Keimigrasian. Kesembilan WNI tersebut, akan pulang bersama rombongan dari Natuna lainnya.

"Sementara ini, pemulangan langsung ditangani Kemenlu bekerja sama dengan Imigrasi, sembilan warga jabar akan pulang bersama warga provinsi lainnya," ungkapnya.

4. Warga Kota Bandung ada di antara sembilan WNI eks Wuhan

Observasi di Natuna Selesai, Pemprov Siapkan Mobil untuk 9 Warga Jabarpixabay.com/

Berli menambahkan, sembilan WNI  Wuhan asal Jabar berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat. Ia tidak bisa menjelaskan secara rinci sembilan daerah tersebut berasal dari Kota/Kabupaten mana saja.

"Saya tidak hafal daerahnya. Dari Bandung kalau tidak salah ada. Sembilan itu mahasiswa banyaknya," kata dia.

Baca Juga: Terkait Corona, Odion Ighalo Terpaksa Latihan Terpisah di Manchester 

Baca Juga: Selesai Observasi di Natuna, WNI Dibekali Uang Saku Rp1 Juta oleh BNPB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya