Musim Hujan, 8 Titik di Kota Bandung Ini Selalu Langganan Banjir

Puncak La Nina diprediksi pada Januari hingga Maret 2022

Bandung, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung mendata sedikitnya terdapat delapan titik banjir yang menjadi langganan ketika hujan deras melanda. Masyarakat pun diminta mengantisipasi berbagai kemungkinan terutama ketika intensitas curah hujan tinggi.

Kepala Sumber Daya Air DPU Bandung Yul Zulkarnaen mengatakan, delapan titik langganan banjir ini berada di Terowongan Cibaduyut, perumahan Graha Indah Cimahi, Jembatan Cimindi, Jalan Rumah Sakit menuju Gedebage, Pasar Induk Gedebage, ruas jalan di Kopo dekat Sungai Citarik, Cikutra Barat, dan Rancabolang di Ciwasta.

"Semua ini masuk dalam titik rawan banjir yang setiap tahun ketika musim hujan pasti muncul," ujar Yul Zulkarnaen dalam diskusi di Balaikota Bandung, Selasa (9/11/2021).

Namun, kata Yul, DPU Kota Bandung sejauh ini sudah memetakan ada 68 titik yang berpotensi banjir saat hujan deras turun. Tetapi, tidak semua titik ini terjadi banjir meski hujan melanda.

1. Banjir menyulitkan masyarakat beraktivitas

Musim Hujan, 8 Titik di Kota Bandung Ini Selalu Langganan BanjirTim SAR gabungan mengevakuasi warga yang terjebak banjir di perumahan Ciledug Indah 1, Tangerang, Banten. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Yul menuturkan, delapan titik yang sering banjir setiap tahun memberi dampak negatif khususnya pada akses masyarakat beraktivitas. Banjir di terowongan Cibaduyut misalnya, tempat tersebut menjadi satu-satunya akses masyarakat yang berangkat dari arah Bandung ke Kabupaten Bandung, maupun sebaliknya.

Kondisi serupa ada di Jalan Rumah Sakit, Soekarno-Hatta, di mana akses tersebut dipakai warga yang berangkat dari kawasan Bandung Timur menuju kota dan sebaliknya.

Satu titik lain ada di titik Cilember, di mana ketika banjir terjadi maka masyarakat Bandung yang hendak ke Cimahi melewai jalan Cimindi akan tersendat.

"Kalau banjir di titik ini maka lalu lintas akan terhenti," kata Yul.

2. Upaya menahan laju air hujan sudah dilakukan

Musim Hujan, 8 Titik di Kota Bandung Ini Selalu Langganan BanjirSumur resapan air SMP 207 Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Menurutnya, selama ini Pemkot Bandung bukan tanpa upaya dalam penanggulangan banjir. Dari hulu misalnya, pihaknya sudah membangun sumur resapan dangkal baik di utara Kota Bandung hingga perkotaaan.

Jumlahnya hinga saat ini mencapai 3.000 sumur resapan, di mana mayoritas ada di kawasan utara. Sementara untuk selatan Bandung DPU sudah membangun 22 sumur resapan dalam.

"Ini kedalamannya hingga 100 meter. Karena kalau hanya beberapa meter saja dilubangi justru airnya malah keluar," ungkap Yul.

Selain itu Pemkot Bandung pun telah membangun beberapa kolam retensi dan perbaikan infrastruktur. Harapannya titik banjir di Kota Bandung semakin sedikit. Dan jika masih banjir, maka rentang waktu air menyerap ke tanah tidak lama.

"Perbaikan drainase juga kita pantau terus agar tidak ada yang menghambat aliran air," paparnya.

3. Perubahan tata lahan bisa jadi penyebab bencana

Musim Hujan, 8 Titik di Kota Bandung Ini Selalu Langganan BanjirPotensi La Nina di Indonesia ( ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Prakirawan dari BMKG Bandung, Yan Firdaus mengatakan, curah hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi di Jawa Barat, khususnya kawasan Bandung Raya. Kondisi ini bisa berdampak pada timbulnya bencana seperti longsor, banjir bandang, hingga angin puting beliung.

BMKG memprediksi La Nina masih berlangsung higga Mei 2022. Namun, potensi puncak musim hujan berkisar pada Januari hingga Maret 2022.

"Tahun kemarin juga La Nina, lemah. Sejauh ini potensinya juga sama," ujar Yan.

Menurutnya, untuk wilayah Bandung penyebab bencana ini tidak hanya dari perubahan iklim. Kondisi lahan yang berubah dari adanya tutupan menjadi gundul bisa jadi penyebab.

"Sejauh ini (adanya) genangan, angin kencang, kebanyakan di daerah yang memiliki perubahan tata guna lahan drastis. Yang tadinya tata guna lahan alami menjadi gundul, biasanya menjadi daerah potensi terkena angin kencang," kata dia.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Warga Jawa Barat akan Potensi Banjir Pekan Ini

Baca Juga: Cerita Rohman, Kehilangan Rumah dan Uang Karena Banjir 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya