Momen Kang Emil dan Uu Berdiri di Satu Mimbar, Minta Maaf dan Pamit

Mereka akan mengakhiri masa jabatan tahun ini

Bandung, IDN Times - Lebaran tahun ini menjadi momen yang tidak akan terlupakan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Untuk pertama kalinya, Masjid Al Jabbar yang didesain olehnya secara resmi menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Fitri.

Emil pun sempat memberikan kata sambutan sebelum salat dimulai. Mengenakan pakaian muslim berwarna hijau, dia naik ke panggung dan memberikan sepatah dua patah kata bagi warga yang ikut serta di salat di masjid ini.

Di tengah sambutannya, Emil mengajak Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum untuk maju ke depan. Keduanya meminta maaf kepada warga Jabar jika memang ada kekurangan selama lima tahun memimpin.

"Ini adalah tahun terakhir kami sabagi gubernur dan wakil gubernur. 510 penghargaan itulah menandakan (kinerja kami). Ada yang terberitakan ada juga yang tidak," ujar Emil, Sabtu (22/4/2023).

1. Harap dimaklum kerja belum optimal karena dana terserap penanganan COVID-19

Momen Kang Emil dan Uu Berdiri di Satu Mimbar, Minta Maaf dan PamitIlustrasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menurutnya, selama ini Pemprov Jabar sudah berusaha keras melakukan pemerataan fasilitas di seluruh Kabupaten/kota. Sayangnya pandemik COVID-19 membuat dana yang disiapkan untuk pembangunan harus hilang.

"Sehingga kami belum maksimal. Kami mengaspal jalan. Tahun depan kami akan terus mengaspal jalan, ini mohon dimaklumi," kata dia.

2. Tingkatkan perekonomian pedesaan

Momen Kang Emil dan Uu Berdiri di Satu Mimbar, Minta Maaf dan Pamityandex

Di sisi lain, mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan banyak capaian yang sudah diraih dari sektor ekonomi, investasi, sosial dan lain-lain. Salah satu contohnya adalah bisa mengubah 1.000 desa miskin menjadi nol per Desember 2022.

Dari kinerjanya itu, ada ratusan penghargaan yang diraih. Namun, ia pun mengakui bahwa selama menjabat banyak pekerjaan dan perbaikan yang belum sempurna.

3. Terharu karena tahun ini tidak bisa berlebaran sama Eril

Momen Kang Emil dan Uu Berdiri di Satu Mimbar, Minta Maaf dan Pamitpotret Emmeril Khan dan Ridwan Kamil (popbela.com)

Dia pun merasa terharu Masjid Al-Jabbar yang baru diresmikan pada akhir tahun 2022 akhirnya bisa digunakan sebagai tempat shalat idul fitri. Ia berharap tradisi ini bisa berlanjut meski dia sudah tak lagi menjabat sebagai gubernur.

“Tentunya ini peristiwa bersejarah ya pertama kali (Aljabbar digunakan sebagai tempat shalat idul fitri) dan mungkin akan dijadikan tradisi karena suasananya bagus gitu, ada lapangan besar, “ kata dia.

“Saya memang sedikit terharu karena ini Lebaran pertama ya tanpa almarhum anak kami Eril (Emmeril), tapi apapun itu, kebahagiaan hadir di pagi ini, cuaca cerah sekali yang tadi dari khatib di Al-jabar juga menyampaikan tentang perbanyak syukur,” pungkasnya.

Baca Juga: Pertama Kali Gelar Salat Idul Fitri, Masjid Al Jabbar Diserbu Warga

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya