Mobil Pick Up Masuk Jurang, 7 Orang Meninggal Dunia

Kejadian kecelakaan di Ciamis sering terjadi

Bandung, IDN Times - Kecelakaan tunggal dan mengakibatkan tujuh orang meninggal terjadi Jalan Raya Sukamantri-Panjalu, Dusun Cimara, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Senin(8/8/2022).

Kecelakaan ini berawal dari kendaraan pick up yang membawa 17 orang dari wilayah Jatiwangi Majalengka masuk kedalam jurang sedalam 30 meter sekitar pukul 07.30WIB.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro mengatakan, mobil itu berisikan 17 orang penumpang asal Burujul Jatiwangi, Majalengka yang hendak melakukan hajatan di wilayah Panjalu.

Dalam kecelakaan itu 7 orang meninggal dunia, di mana 6 orang diantaranya meninggal di lokasi kejadian dan 1 penumpang lainnya menghembuskan nafas terakhirnya saat berada di Puskesmas.

1. Sebanyak 10 penumpang mendapatkan perawatan

Mobil Pick Up Masuk Jurang, 7 Orang Meninggal DuniaIDN Times/Istimewa

Sementara itu, sebanyak 10 orang lainnya luka-luka dan mendapat perawatan di Puskesmas Sukamantri dan RSUD Ciamis. Dari 10 orang korban luka-luka, 5 orang di antaranya anak-anak.

Mobil bak terbuka berplat E 8393 UJ ini melaju dari arah Majalengka menuju Panjalu. Saat melintas di Jalan Raya Sukamantri-Panjalu Dusun Cimara Desa Cibeureum.

"Sementara dugaan masih dalam pendalaman. Apakah rem blong atau ada faktor lainnya," katanya.

2. Pemeriksaan penyebab kecelakaan masih dilakukan

Mobil Pick Up Masuk Jurang, 7 Orang Meninggal DuniaIDN Times/Istimewa

Saat ini pihaknya masih melakukan proses evakuasi. Karena proses awal diutamakan melakukan proses evakuasi korban.

"Kami masih lakukan proses evakuasi. Hal itu bagian dari proses penanganan TKP yang jadi prioritas awal korban dulu. Proses evakuasi masih jalan. Setelah proses evakuasi korban kami akan olah TKP," pungkasnya.

3. Kecelakaan maut sempat terjadi di Ciamis libatkan bus pariwisata

Mobil Pick Up Masuk Jurang, 7 Orang Meninggal DuniaIlustrasi tabrakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Kecelakaan bus pariwisata di Kabupaten Ciamis melibatkan sejumlah kendaraan pribadi. Akibat kecelakaan ini empat orang meninggal dunia dan puluhan korban masih mendapatkan perawatan.

Kabid Humas Polda Jabar Ibrahim Tompo mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, kecelakaan tersebut terjadi pada Sabtu (21/5/2022), sekitar pukul 17.30 WIB. Adapun lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Panjalu-Panumbangan, Dusun Paripurna RT 20/RW 07, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis.

Ada delapan kendaraan yang terlibat kecelakaan ini yaitu, Hino Bus PO Pandawa Nomor Registrasi DK-7307-WA, kendaraan Mitsubishi Fuso Microbus Nomor Registrasi D-7838-AN, Suzuki Karimun Nomor Registrasi Z-1721-MP, Suzuki Carry Futura Box Nomor Registrasi E-8851-VK, sepeda motor Yamaha Vega, motor Honda Beat, motor Yamaha Mio, dan motor Honda Scoopy.

Ibrahim menuturkan, bus PO Pandawa yang dikemudikan saudara Yudin membawa penumpang 47 Orang melaju dari Pajalu di utara menuju arah Panumbangan di bagian selatan. Sesampainya di tempat kejadian menemui jalan menurun dan menabrak kendaraan Mitsubishi Fuso Microbus yang dikemudikan saudara Ayang, yang tengah terparkir di pinggir jalan sebelah kiri.

Karena kondisi jalanan menurun bus kemudian menabrak juga kendaraan Suzuki Karimun Nomor Registrasi Z-1721-MP dikemudikan saudara Andri Yadi, yang berada searah di depannya. Bus PO Pandawa pun lantas oleng ke arah kanan jalan yang menyebabkan tabrakan dengan mobil Suzuki Carry Futura Box dan sejumlah sepeda motor.

"Kecelakaan ini pun mengakibatkan empat orang meninggal dunia, dan sejumlah orang harus mendaptkan perawatan," kata Ibrahim.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya