Menteri Basuki Upayakan Akses Tol Bocimi Bisa Dipakai pada Hari Senin 

Jalan tol ini amblas karena tanahnya longsor

Bandung, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono melakukan peninjauan di jalan Tol Bocimi kilometer (Km) 60 Jakarta mengarah ke Sukabumi. Dari pantauan sementara longsor yang terjadi di jalan tol ini murni dikarenakan tanah timbunan yang amblas, bukan karena adanya gerakan tanah.

Untuk kontruksi tol pun dianggap masih bagus karena hanya ada satu titik saja yang amblas tidak seluruh jalan tol Bocimi. Sebagai bentuk antisipasi arus mudik ke arah Sukabumi, Kementerian PUPR bakal melakukan perbaikan sementara dengan menutupnya memakai terpal. Selain itu, jika perbaikan sementara berjalan baik maka akses B Jalan Tol Bocimi akan dipakai untuk arus mudik.

"Nanti akan kita tes kalau aman jalur B ini dibuka untuk satu arah saja saat mudik dari Jakarta ke Sukabumi hari Senin (8/4/2024). Nanti pulang arus balik juga satu arah," kata Basuki, Jumat (5/4/2024).

1. Perbaikan secara permanen tidak bisa cepat

Menteri Basuki Upayakan Akses Tol Bocimi Bisa Dipakai pada Hari Senin Google

Basuki mengatakan, perbaikan secara permanen memang tidak bisa cepat karena butuh waktu dua hingga tiga bulan. Terlebih jelang Lebaran banyak pekerja kontruksi yang sudah pulang ke kampung halaman.

Sementara untuk perbaikan temporer bisa dilakukan dua hingga tiga hari dan berharap tidak ada longsoran lanjutan di jalur B sehingga dua ruas jalan tersebut bisa dipakai mudik.

"Harapannya bisa memecah sedikit kemacetan di arus ke Cigombong karena khawatir penuh seperti dulu. Kita akan tetap berkoordinasi dengan polisi untuk memastikannya," ungkap Basuki.

2. Sulit untuk bangun akses alternatif dalam waktu singkat

Menteri Basuki Upayakan Akses Tol Bocimi Bisa Dipakai pada Hari Senin (Tangkapan layar/X)

Terdapat masukan untuk memperbaiki jembatan yang sudah ada sebagai akses alternatif. Namun, perbaikan tersebut tidak memungkinkan dalam waktu cepat.

Setidaknya butuh waktu hingga lima bulan untuk memastikan jembatan tersebut bisa dipakai seluruh jenis kendaraan.

"Kita tangani ini (Bocimi). Untuk waktu dan keamanan kita masih berani tanpa jemabtan karena kalau jembatan bisa lima bulan (perbaikannya)," ungkap Basuki.

3. Akses Tol Bocimi akan digratiskan

Menteri Basuki Upayakan Akses Tol Bocimi Bisa Dipakai pada Hari Senin Google

Kabar gembira lainnya untuk pemudik, Kementerian PUPR berencana menggratiskan jalan tol ini. Penggunaan Tol Bocimi untuk mudik Lebaran 2024 ini akan diberlakukan secara gratis bagi kendaraan Golongan I (sedan dan minibus).

"Tarif tolnya kita gratiskan, jadi masih tarif seksi I hingga Sukabumi," kata Basuki.

Pembukaan Tol Bocimi untuk mudik Lebaran 2024 diharapkan dapat memberikan kelancaran dan kenyamanan bagi para pemudik yang ingin menuju Sukabumi.

Baca Juga: Muhadjir: Longsor Bocimi Ganggu Pemudik, Korlantas akan Rekayasa Lalin

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya