Menjabat Jadi Pimpinan Kota Bandung, Harta Tiga Pejabat Ini Bertambah

Yana Mulyana Rp6,3 Miliar, Ema Rp5,2 Miliar, Oded Rp838 Juta

Bandung, IDN Times - Kekayaan para pejabat tengah disorot setelah sejumlah laporan menyebut pendapatan mereka selama setahun ke belakang melonjak drastis. Lalu bagaimana pendapatan para pemimpin di lingkup Kota Bandung?

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) memang ada penambahan harta kekayaan pejabat Pemkot Bandung dibandingkan tahun lalu.

1. Kekayaan Wali Kota Oded bertambah Rp838 juta

Menjabat Jadi Pimpinan Kota Bandung, Harta Tiga Pejabat Ini BertambahIDN Times/Humas Bandung

Wali Kota Bandung Oded M Danial dari data per 31 Desember 2020 hartanya bertambah Rp838 juta. Sementara per 31 Desember 2019 harta Oded hanya Rp116 juta. Pelaporan terakhir hartanya sekarang bertengger di Rp955 juta.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini memiliki 12 bidang tanah dan bangunan senilai Rp4,3 miliar, yang nilai appraisalnya naik menjadi Rp4,7 miliar pada tahun 2020. Selain itu Oded pun punya satu mobil Honda CRV senilai Rp400 juta. Kemudian kas setara kas Rp112 juta.

Namun, jumlah kekayaan yang tidak sebesar ini dikarenakan yang bersangkutan ternyata memilik utang Rp4,2 miliar.

2. Yana Mulyana miliki kekayaan Rp6,3 miliar

Menjabat Jadi Pimpinan Kota Bandung, Harta Tiga Pejabat Ini BertambahIDN Times/Galih Persiana

Sementara Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana memiliki kekayaan total Rp6,3 miliar. Harta sebanyak ini didapat dari tanah dan bangunan yang mencapai Rp5 miliar yang ada di Kota Bandung.

Selain itu, dia juga memiliki kendaraan pribadi, mobil Toyota Fortuner seharga Rp175 juta, motor Harley Davidson Fatboy Rp350 juta. Selain itu ada pendapatan lainnya dan kas setara kas dengan total mencapai Rp8,1 miliar. Di sisi lain, dia pun memiliki utang mencapai Rp1,7 miliar.

3. Ema Sumarna punya harta capai Rp5,2 miliar

Menjabat Jadi Pimpinan Kota Bandung, Harta Tiga Pejabat Ini BertambahIDN Times/Humas Bandung

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarnam emiliki total kekayaan Rp 4 miliar pada 2019. Hartanya naik menjadi Rp5,2 miliar satu tahun berikutnya, atau bertambah Rp1,4 miliar pada tahun 2020.

Bertambahnya harta kekayaan Ema berdasarkan kenaikan harga tiga obyek tanah dan bangunan yang dimilikinya. Semula pada tahun 2019 seharga Rp1,9 miliar, kemudian naik menjadi Rp2,8 miliar.

Sedangkan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan memiliki total harta kekayaan Rp3 miliar pada 2020. Satu tahun sebelumnya, total harta kekayaan yang dilaporkannya sebanyak Rp2,1 miliar. Hartanya naik sekitar Rp 886 juta dalam satu tahun. Ia juga tercatat memiliki lima sepeda motor dan satu mobil yang ditaksir senilai Rp137 juta.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya