Menang Lawan Bhayangkara FC, Sang Pembeda Persib Ezra Walian

Dia mampu memberikan warna tersendiri pada permainan Persib

Bandung, IDN Times - Persib Bandung berhasil mengamankan tiga poin di kandang Bhayankara FC ketika keduanya bersua dalam pertandingan lanjutan Liga Indonesia tadi malam, Sabtu (23/5/2023). Maung Bandung mampu unggul 2-1 dengan gol yang dicetak David dan Silva dan Ciro Alves.

Dari pertandingan ini, terdapat sosok yang harus diacungi jempol. Dia adalah Ezra Walian. Pemain bernomor punggung 9 tersebut berhasil memberikan warna pada setiap pertandingan ketika diturunkan pelatih.

Dalam laga selama, masuknya Ezra Walian di sisi kanan menggantikan Frets Butuan bahkan hampir membuahkan satu assist ketika berhasil mengirimkan umpan ke Marc Klok. Sayang tendangan sang kapten masih melenceng di sisi kanan kiper Awan Seto.

Tak berapa lama Ezra diminta bermain di tengah menggantikan peran Levy Madinda. Gocekan bola yang lebih tenang dan mampu mencari celah tempat rekannya berlari akhirnya berhasil memberikan satu umpan kepada Ciro Alves yang berhasil dikonversi menjadi gol pada menit ke-96 masa perpanjangan waktu. Gol itu pula yang menutup pertandingan dengan kemenangan Pengeran Biru.

"96 on the dot (tepat menit ke-96). Never give up, always fight till the end, 3 poin, 1 assist," kata Ezra dalam unggahan di akun Instagram pribadi miliknya usai pertandingan semalam.

1. Lebih sering dimasukan sebagai pemain pengganti

Menang Lawan Bhayangkara FC, Sang Pembeda Persib Ezra WalianFacebook

Pemain asal Belanda yang sekarang menjadi seorang WNI ini memang tidak mempunyai fisik yang handal seperti pemain Persib lainnya. Bahkan beberapa pertandingan harus dilakoninya di babak kedua.

Namu, Erzra yang justru masuk di menit-menit akhir laga itu mampu memberikan penampilan terbaiknya. Satu gol indah bahkan dilakukan Ezra saat dia bermain melawan Dewa United. Sepakan yang diambil dari tendangan bebas mampu melesat ke sudut kiri atas kiper Dewa United yang menyelamatkan Persib dari kekalahan.

Ezra kembali mencetak golnya ketika bermain melawan Persikabo Bogor. Kembali turun dari bangku cadangan, Erza membayar kepercayaan pelatih Bojan Hondak dengan satu gol di penghujung laga.

2. Kemenangan Persib jadi kemenangan bersama

Menang Lawan Bhayangkara FC, Sang Pembeda Persib Ezra WalianPersib.co.id

Sementara itu, usai laga melawan Bhayangkara, Ciro Alves menuturkan bahwa hasil tersebut merupakan buah kerja keras semua pemain. Menurutnya, tim telah berusaha keras untuk menyelesaikan pertandingan yang berat ini.

“Ini adalah pertandingan yang berat. Tapi tim sangat bekerja keras untuk pertandingan ini. Selamat untuk semuanya karena berhasil memenangkan pertandingan ini. Sekarang kami lebih tenang dan fokus untuk pertandingan selanjutnya,” kata Ciro usai pertandingan.

Striker asal Brasil tersebut mempersembahkan gol ke-1000 tersebut untuk semua orang yang sudah mendukung dan bekerja keras bersama.

“Memenangkan pertandingan adalah hal penting. Saya akan berusaha mencetak gol saat ada kesempatan. Senang bisa cetak gol dan membantu tim memperbaiki posisi klasemen, dan ini adalah hasil kerja keras bersama dan ini untuk semua,” ungkapnya.

3. Tiga poin di kandang lawan jadi penyemangat bagi pemain Persib

Menang Lawan Bhayangkara FC, Sang Pembeda Persib Ezra WalianBojan Hondak. Dokumen Persib

Pelatih Bojan Hondak pun menilai bahwa timnya layak menang. Meski sejumlah kesalahan dilakukan, para pemain Persib bisa mencetak dua gol dari sekian banyak peluang yang didapatkan.

“Kami punya peluang mencetak gol pada 15 menit pertama, tapi saya tidak tahu apakah pemain seperti terburu-buru dalam penyelesaian akhir, dan melakukan kesalahan. Akhirnya, kami bisa mencetak gol, dan situasi itu membuat tim lebih santai,” kata Bojan pada konferensi pers usai pertandingan.

Namun, setelah unggul 1-0, Bhayangkar FC mampu memanfaatkan situasi penurunan tekanan PERSIB dan menciptakan beberapa peluang dari tendangan bebas, hingga menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Bojan menyayangkan gol tersebut bisa terjadi. Sebab, antisipasi situasi tendangan bebas sudah diberikan dalam sesi latihan. Pelatih asal Kroasia tersebut mengakui anak asuhnya melakukan kesalahan dalam situasi tersebut. 

Setelah imbang, Persib kembali berusaha mengatur tempo untuk tampil seperti menit awal babak pertama. Upaya tersebut berjalan baik, dan proses pergantian pemain yang berjalan baik juga membuat skuad Pangeran Biru bisa cetak gol pada menit-menit akhir.

“Saya pikir hasil ini layak buat kami karena punya peluang lebih banyak untuk cetak gol. Kemenangan ini bagus buat semangat tim dan bisa berlanjut tren positif ini pada laga berikutnya,” ucapnya.

Baca Juga: Levy Madinda Harus Konsisten Jika Kontraknya Ingin Diperpanjang Persib

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya