Masyarakat Serbu Ikut Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung 

Setiap kali perjalanan ada 500 kursi yang disediakan

Bandung, IDN Times - Sejak pendaftaran uji coba kereta cepat dibuka oleh pemerintah, setiap hari banyak masyarakat yang mencoba kereta ini dari Bandung menuju Halim, Jakarta. Seperti pada Minggu (17/9/2023), sejak pukul 07.00 WIB masyarakat sudah mengantre di depan pintu masuk Stasiun Tegalluar untuk naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Mereka ingin menjajal kereta cepat pertama di Indonesia yang baru saja diuji coba oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelum datang ke stasiun, para warga ini mendaftar secara lewat akun @keretacepat_ID. Setelahnya petugas yang ada di depan pintu stasiun melakukan verifikasi untuk memberikan penanda bahwa mereka berhak menaiki kereta cepat.

Dari pantauan IDN Times, banyak penumpang datang secara rombongan baik dengan keluarga, teman, dan komunitasnya. Tak sedikit juga anak-anak yang ikut serta dalam uji coba ini.

1. Fasilitasnya sangat nyaman

Masyarakat Serbu Ikut Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung IDN Times/Debbie Sutrisno

Salah satu warga Tegalluar yang diajak ikut naik kereta cepat, Elis menuturkan, dia deg-degan awalnya ketika kereta ini mulai berjalan dengan kecepatan tinggi. Meski demikian, fasilitasnya sangat nyaman sehingga lebih tenang tidak banyak getaran yang dirasakan seperti kereta biasa.

"Cepat banget kaya naik lift tapi lebih kencang lagi. Tapi anak-anak juga tadi nyaman berjalan di lorong kereta jadi tidak khawatir," kata Elis.

Meski demikian, dia berharap ada kursi khusus yang bisa disediakan untuk anak kecil sehingga mereka bisa duduk sendiri dan lebih nyaman.

2. War tiket untuk dapat kursi di KCJB

Masyarakat Serbu Ikut Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Debbie Sutrisno/IDN Times

Sementara itu, Ahmad Bisri salah satu warga Cihideng, Kabupaten Bandung, rela untuk mengamati laman KCIC demi bisa mendapatkan tiket keret cepat yang jalan hari ini. Dia sejak semalam mencari tiket dan sempat kesulitasn ketika masuk ke laman. Namun, dalam percobaan kedua akhirnya dapat dua tiket untuk digunakan bersama istri.

"Senang sih bisa naik ini. Jalannya juga smooth (tidak ada goncangan). Cuman tadi saya agak susah cari colokan listrik saja, mungkin saya ga tahu sebelum mana," kata dia.

Ahmad menuturkan sengaja ingin menjajal kereta cepat hari ini bersama istrinya. Setelah dapat tiket, dia pun pergi dari rumah sejak pukul 06.00 menggunakan kereta lokal menuju stasiun Gedebage kemudian lanjut memakai taksi online ke Stasiun Tegalluar.

Dia berharap harga tiket KCJB ke depannya tidak begitu mahal agar bisa digunakan masyarakat umum, tidak hanya mereka yang mempunyai penghasilan besar.

3. KCIC mulai operasional KCJB secara gratis dari 15 September

Masyarakat Serbu Ikut Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Debbie Sutrisno/IDN Times

Mulai Jumat 15 September 2023 KCIC resmi menjalankan uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan penumpang tidak berbayar alias gratis. Uji coba ini dilakukan setelah izin dari Kementerian Perhubungan dikeluarkan pada Kamis 14 September 2023 lalu.

Namun demikian, uji coba tahap awal ini baru dibuka untuk masyarakat terdampak sekitar jalur rel KCJB, guna memberikan apresiasi atas peran serta masyarakat sekitar jalur yang selama ini memberikan dukungan hingga proses pembangunan KA cepat berjalan lancar.

Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menyampaikan, masyarakat umum juga bisa mengikuti kegiatan uji coba Kereta Cepat dengan penumpang secara gratis, ini bisa dilakukan dengan cara mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui link ini yang akan disediakan KCIC di website dan akun resminya @keretacepat_ID.

"Adapun kesempatan pada masyarakat umum untuk mencoba dan merasakan sensasi naik KA Cepat pertama di Asia Tenggara ini dapat dilakukan secara mandiri melalui website resmi KCIC yang dapat dilakukan mulai Sabtu, 16 September 2023," tulisnya dalam keterangan resmi KCIC.

Pada proses uji coba penumpang gratis tersebut setiap harinya akan terdapat 4 jadwal keberangkatan dengan mekanisme setiap penumpang akan mendapatkan perjalanan pulang pergi (PP) Halim - Tegalluar dan sebaliknya, Sehingga secara total setiap hari nya terdapat 8 perjalanan KA Cepat.

Selama masa uji coba setiap hari nya akan terdapat sekitar 2.200 ketersediaan tempat duduk. Yuk daftar biar bisa merasakan naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara gratis.

Baca Juga: Jajal KCJB, Jokowi Bersama Rombongan Artis dan Menteri Tiba di Bandung

Baca Juga: 8 Potret Artis Jajal KCJB Bersama Presiden Jokowi, Raffi-Yuni Shara

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya