Masih Berunding, Batas Pencarian Wakil Wali Kota Bandung 23 Maret 2022

PKS berharap bisa mengajukan satu nama

Bandung, IDN Times - Polemik ada tidaknya Wakil Wali Kota Bandung masih bergulir. Sejumlah nama dari partai keadilan sejahtera (PKS) sudah mulai digaungkan. Sayang, yang jadi persoalan sekarang adalah menanti pelantikan Yana Mulyana menjadi seorang Wali Kota Bandung.

Politik dari PKS Sandi Muharam mengatakan, hingga saat ini PKS masih berharap ada sosok wakil wali kota yang bisa mendampingi Yana Mulyana. Meski dinamika perpolitikan masih terjadi dalam pencarian wakil wali kota, tapi kursi tersebut sebaiknya tetap diisi.

"Secara PKS, kami tetap berharap itu tetap ada (wakil wali kota). Bukan hanya untuk kepentingan PKS, tapi beban Wali Kota Bandung ini cukup berat sehingga jika tidak ada pendamping kami khawatir pelayanan Kota Bandung kurang optimal," kata Sandi ditemui di Gedung DPRD Kota Bandung, Jumat (4/3/2022).

1. Maksimal wawali harus dicari 18 bulan sebelum masa bakti selesai

Masih Berunding, Batas Pencarian Wakil Wali Kota Bandung 23 Maret 2022IDN Times/Humas Kota Bandung

Menurutnya, untuk mencari wakil wali kota maksimal pada 23 Maret seiring waktu pelantikan Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung. Jika wakil wali kota sudah ditetapkan pada tanggal itu, maka pelantikan secara sah bisa dilakukan kapan saja.

Jika pada tanggal tersebut belum juga ditetapkan wakil wali kota, maka sesuai aturan di bawah 18 bulan masa kerja Yana Mulyana bakal duduk sebagai pimpinan Kota Bandung seorang diri.

"Jadi secara pribadi, secara PKS, secara Kota Bandung, wakil wali kota ini akan membantu kinerja wali kota yang sekarang," ujar Sandi.

2. Komunikasi dengan Gerinda tetap dijalin

Masih Berunding, Batas Pencarian Wakil Wali Kota Bandung 23 Maret 2022Gerindra.com

Sandi tak menampik dinamika politik tetap ada dalam pencarian wakil wali kota. Hingga sekarang PKS masih mengikuti proses yang ada sesuai dengan Undang-undang dan pembahasan di dewan.

PKS pun terus berkomunikasi dengan partai pengusung yaitu Gerindra dan PKB. Partai ini berharap bisa mencalonkan diri agar salah satu kadernya bersanding dengan Yana Mulyana.

"Kami harap wakil wali kota itu tetap bisa kita ajukan. Sehingga pelayanan Kota Bandung bisa lebih baik," kata dia.

3. Tetap berjuang lewat legislatif jika tidak dapat jatah kursi

Masih Berunding, Batas Pencarian Wakil Wali Kota Bandung 23 Maret 2022IDN Times/Humas Bandung

Jika tidak dapat jatah wakil wali kota, lanjut Sandi, PKS tetap akan bekerja untuk rakyat. Kontribusi ini bisa dilakukan melalui legislatif yang sekarang duduk di DPRD Kota Bandung.

"Secara PKS mungkin ada kontribusi yang sedikit berkurang, tapi memang mungkin secara peratuan dan dinamika politik seperti itu. Ddan mungkin dari legislatif saja kita akan bekerja melayani warga kota Bandung," kata dia.

Meski demikian, PKS tetap ngotot agar koalisi partai bisa mencari wakil wali kota maksimal pada 23 Maret 2022.

Baca Juga: Yana Mulyana Resmi Diangkat Jadi Wali Kota Bandung 

Baca Juga: Akselerasi Program, Yana Mulyana Segera Evaluasi dan Uji Kompetensi PJT Pratama 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya