Masih Ada Masjid di Bandung Laksanakan Salat Idulfitri Berjamaah

Semoga mereka yang ibadah berjamaah tidak tertular COVID-19

Bandung, IDN Times - Pemerintah secara tegas telah meminta masyarakat maupun dewan kemakmuran masjid (DKM) di manapun berada untuk tidak melaksanakan Salat Idulfitri secara berjamaah di masjid atau lapang. Sebab, hal itu akan menimbulkan kerumunan dan dikhawatirkan ada penyebaran virus corona (COVID-19) dari mereka yang merupakan orang tanpa gejala (OTG).

Meski demikian, hingga saat ini masih banyak masjid yang coba melaksanakan salat berjamaah. Para pengurus masjid mengklaim bahwa apa yang mereka lakukan sudah mengikuti protokol kesehatan guna mengantisipasi COVID-19.

Salah satunya adalah masjid yang ada di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Di masjid ini pengurus DKM sebenarnya sudah tidak melaksanakan kegiatan Salat Jumat secara berjamaah seperti imbauan pemerintah. Namun, untuk Salat Idulfitri masjid ini masih mengadakannya.

"Kita sudah siapkan sesuai protokol. Jadi pakai jarak untuk yang di dalam masjidnya. Kemudian kita sediakan tempat cuci tangan juga," ujar salah satu pengurus masjid yang enggan disebutkan namanya, Minggu (24/5).

1. Masyarakat tidak dipaksa untuk datang salat berjamaah

Masih Ada Masjid di Bandung Laksanakan Salat Idulfitri BerjamaahIDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menuturkan, pihak DKM sejauh ini tidak memaksa warga yang ada di sekitar masjid untuk ikut salat berjamaah. Kegiatan ini diadakan bagi mereka yang memang ingin salat secara berjamaah di masjid.

"Kami persilakan untuk yang mau. Kalau memang tidak juga tidak apa-apa," paparnya.

2. Semua diatur guna menghindari penyebaran virus

Masih Ada Masjid di Bandung Laksanakan Salat Idulfitri BerjamaahIDN Times/Debbie Sutrisno

Salah satu masjid lainnya yang akan mengadakan Salat Idulfitri ada berada di sekitar Ujung Berung, Kota Bandung. Salat satu jamaah masjid menuturkan, pengumuman untuk salat berjamaah sebenarnya sudah disampaikan jauh-jauh hari. Rencananya akan diselenggarakan di dalam masjid, tapi karena takut membludak akhirnya salat jamaah dilaksanakan di lapangan dekat masjid.

"Ini sudah koordinasi dengan pihak kepolisian, petinggi agama sekitar dan pihak lainnya. Jadi dapat izin untuk menggelar salat," ujar salah satu warga berinisial A ini.

3. Orang tua dan anak-anak diimbau tidak ikut salat berjamaah

Masih Ada Masjid di Bandung Laksanakan Salat Idulfitri BerjamaahIDN Times/Debbie Sutrisno

A mengatakan, selain mereka yang merasa sakit, anak-anak dan orang tua yang memang sudah memiliki riwayat penyakit diminta oleh DKM untuk tidak salat berjamaah di lapang. Ini menghindari karena anak-anak dan orang tua lebih rentan terkena penyakit menular.

Dia pun memastikan akan ada jarak dalam salat yang dilaksanakan nanti. Kemudian budaya untuk bersalaman saling memaaf-maafkan pun ditiadakan.

"Jadi beres salat langsung pulang tidak ada silaturahmi di lapangan seperti tahun-tahun sebelumnya," papar A.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Idulfitri di Rumah Selama COVID-19

Baca Juga: Jokowi: Hari Raya Idulfitri Tahun Ini Kita Rayakan Secara Berbeda

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya