Masalah Ekonomi Diduga Jadi Motif Mutilasi Suami pada Istri di Ciamis 

Polisi akan segera tes kejiwaan pelaku pembunuhan

Bandung, IDN Times - Polisi mengungkapkan motif sementara pria berinisial TR yang memutilasi istrinya YN di Dusun Sindangjaya, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jumat (3/5/2024) kemarin. Aksi tersebut kemungkinan besar dilatarbelakangi permasalahan ekonomi.

Kapolres Ciamis AKBP Akmal mengatakan, penyidik masih belum dapat menyimpulkan motif sebab pemeriksaan secara menyeluruh belum dilakukan. Saat ini kondisi psikis pelaku relatif masih labil sehingga belum didalami.

Namun, hasil pemeriksaan sementara dari saksi kunci bahwa aksi tersebut dilakukan karena latar belakang faktor ekonomi.

"Kami masih mendalami saksi kunci dari saksi kunci memang ada persoalan ekonomi," ucap dia saat dihubungi, Ahad (5/4/2024).

1. Bisnis pelaku sedang tidak bagus

Masalah Ekonomi Diduga Jadi Motif Mutilasi Suami pada Istri di Ciamis IDN Times/Istimewa

Kepolisian telah mendapatkan informasi dari keterangan beberapa saksi bahwa bisnis yang digeluti pelaku tengah menurun.

"Usahanya lagi ngedrop gitu," kata dia.

Terkait rekaman video pelaku yang terlihat mengalami halusinasi, ia menuturkan banyak yang berkembang di masyarakat. Sedangkan terkait halusinasi, ia mengatakan masih menunggu kepastian dari para ahli.

2. Pelaku jalani tes kejiwaan

Masalah Ekonomi Diduga Jadi Motif Mutilasi Suami pada Istri di Ciamis Pexels

Polisi pun menyiapkan suatu tim untuk memeriksa lebih lanjut kondisi kejiwaan tersangka yang membunuh istrinya sendiri dengan cara memutilasi.

Ia menuturkan kepolisian sudah menangkap dan menahan tersangka tidak lama dari aksi tersangka memutilasi dan menggemparkan masyarakat.

Tersangka Tarsum (51), kata Kapolres, saat ini sudah ditahan untuk pemeriksaan hukum lebih lanjut termasuk memeriksa kondisi kejiwaan tersangka pada Senin (6/5/2024) oleh tim psikiater.

3. Pembunuhan ini dilakukan sendiri oleh pelaku

Masalah Ekonomi Diduga Jadi Motif Mutilasi Suami pada Istri di Ciamis Ilustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Ia menyampaikan hasil pemeriksaan sementara tersangka mengakui perbuatannya membunuh istrinya sendiri, Yanti (40). Sejumlah alat pun diamankan kepolisian termasuk senjata tajam yang diduga dipakai untuk memutilasi korban.

Baca Juga: Kemen PPPA Bakal Lakukan Pendampingan Anak Korban Mutilasi di Ciamis

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya