Marak Aksi Begal di Bandung, Walkot Yana: Warga Diam di Rumah Saja

Begal tak pandang bulu lukai korbannya

Bandung, IDN Times - Aksi kekerasan termasuk begal di Kota Bandung masih marak khususnya pada malam hari. Meski kepolisian telah melakukan penangkapan terhadap para pelaku begal, tapi kejahatan masih sering terjadi.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana pun mengimbau warganya agar tidak melakukan aktivitas di malam hari jika memang tidak terlalu penting.

“Ya mangkanya, salah satunya, warga kalau enggak ada kepentingan ya di rumah saja. Kan ada beberapa kejadian lagi nongkrong” kata Yana, Rabu (18/1/2023).

Dia menilai bahwa kejahatan yang ada bukan hanya karena niat pelaku, tapi juga adanya kesempatan. Ketika warga tidak ada di jalanan maka kesempatan pelaku kejahatan pun makin berkurang.

1. Perbanyak kegiatan siskamling

Marak Aksi Begal di Bandung, Walkot Yana: Warga Diam di Rumah Sajapos ronda (korem044gapo.mil.id)

Di sisi lain, Pemkot Bandung saat ini telah memerintahkan aparat di kewilayahan untuk kembali mengaktifkan siskamling.

“Karena itu ada kesempatan, makanya kami salah satunya menutup kesempatan itu lewat Siskamling. Jadi keterlibatan masyarakat juga, termasuk kami tentunya di ranah kewilayahan,” kata Yana ditemui di Gedumg DPRD Kota Bandung, Rabu (18/1).

Selain siskamling, Satpol PP dan Dishub Kota Bandung juga rutin berpatroli mengelilingi daerah-daerah yang dinilai rawan terjadi kejahatan jalanan.

“Kami Satpol PP lakukan patroli. Itu kan ikhtiar ya,” ucapnya.

2. Pemprov Jabar instruksikan pemda gencarkan pengawasan di malam hari

Marak Aksi Begal di Bandung, Walkot Yana: Warga Diam di Rumah SajaAksi perlawanan korban begal terhadap pelaku yang membawa celurit (Instagram.com/warung_jurnalis)

Imbauan mengaktifkan kembali siskamling senada dengan harapan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Emil pun akan memperkuat koordinasi dengan pemangku kebijakan untuk meningkatkan keamanan terkait dengan maraknya tindak kriminal begal yang terjadi belakangan ini di sejumlah wilayah di Jawa Barat.

"Saya akan terus mengoordinasikan keamanan di Depok, Bekasi, Pangandaran, Tasikmalaya, dan Garut yang sempat ramai (pembegalan), termasuk di Bandung," kata Ridwan Kamil dikutip dari ANTARA.

Selain itu, Ridwan Kamil juga mengimbau kepada warga Jabar untuk menghidupkan kembali ronda malam dan menggencarkan siskamling sehingga dapat menekan tindak kriminalitas.

3. Warga harus aktif lapor pihak keamanan jika ada hal mencurigkan

Marak Aksi Begal di Bandung, Walkot Yana: Warga Diam di Rumah SajaIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Warga juga diimbau segera melaporkan jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan di lingkungannya karena ketertiban dan keamanan bukan hanya tugas negara, melainkan tugas bersama seluruh masyarakat.  

"Rajin melaporkan, mengamati gerak-gerik mencurigakan dan lain sebagainya. Keamanan, ketertiban, dan kebersihan bukan hanya tugas negara. Itu tugas kita bersama. Jadi siskamling mudah-mudahan menjadi satu solusi dalam hal preventif," kata dia.

Baca Juga: Remaja Pelaku Begal Payudara di Bandung Ditangkap Polisi

Baca Juga: Aksi Begal Kembali Marak di Jakarta, Pelaku Bergerombol

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya