Mantan Kapolda Jabar Rudy Sufahriadi Jadi Wakomut PT Persib

Dia sudah pensiun sebagai anggota polisi

Bandung, IDN Times - Mantan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Rudy Sufahriadi didapuk menjadi Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Kepastian ini terlihat saat Rudy mendapat cinderamata dari Director of Internasionalisation and Commercial Partnership Borussia Dortmund, Benedikt Scholz, sebelum pertandingan persahabatan antara Persib Legend dan Dortmund Legend di Stadion Siliwangi, Minggu (10/9/2023).

Komjen. Pol. (Purn.) Drs. Rudy Sufahriadi lahir 23 Agustus 1965. Dia merupakan warga asli Jawa Barat, tepatnya dari Kota Cimahi.

Rudy adalah seorang Purnawirawan Polri yang jabatan terakhirnya adalah Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional. Sebelumnya dia sempat menjadi Kapolres Poso pada 2005, Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya (2007), Kepala Densus 88 Anti-Teror Polda Metro Jaya (2007), Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara (2009), Perwira Menengah Densus 88 Anti-Teror Polri (2010), Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (2010), Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (2016), Komandan Korps Brimob Polri (2018), dan Asisten Operasi Kapolri (2019).

Di tahun yang sama, Rudy pun diangkat menjadi Kapolda Jawa Barat (Jabar). Namun jabatan ini tidak lama karena pada 2020 dia diangkat menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri (2020) serta dipindah kembali ke Sulawesi Tengah menjadi Kapolda pada 2021.

1. Laga kemarin disambut meriah Bobotoh

Mantan Kapolda Jabar Rudy Sufahriadi Jadi Wakomut PT PersibPersib.co.id

Sementara itu, pada laga kemarin para Bobotoh sangat menyambut pertandingan eksebisi antara Persib melawan Dortmund. Mereka tampak memadati stadion sejak satu jam sebelum kick-off. Mereka memakai berbagai atribut Persib, tak hanya jersey tapi juga syal dan lain-lain.

Di depan Stadion Siliwangi, penonton dimanjakan dengan adanya berbagai suguhan keseruan dari sponsor Persib. Di stand depan ada keseruan yang dibagikan para sponsor Persib, sedangkan di tribun Timur penonton pun antusias meneriak yel-yel menyemangati para pemain di lapangan.

Satu di antara penonton yang hadir, Gregorius Aditia mengatakan, pertandingan ini kembali membawanya bernostalgia. Dia sangat antusias dan percaya laga ini sangat menghibur.

"Senang jadi nostalgia pastinya. Semoga banyak gol dan pastinya seru," ucapnya.

2. Pemain Dortmund puas dengan atmosfer di Bandung

Mantan Kapolda Jabar Rudy Sufahriadi Jadi Wakomut PT PersibDebbie Sutrisno/IDN Times

Pemain Dortmun Legend Ibrahim Tako merasa luar biasa ketika bermain di Kota Bandung. Timnya memang berhasil menang, tapi pertandingan hari ini terasa spesial karena apda pemain di kedua tim memberikan penampilan terbaiknya.

"Mereka juga tadi tampil luar biasa dan kami senang bisa berada di sini. Fans di sini luar biasa dan saya harap saat liga kembali digelar klub ini bisa berkembang dengan pesat," kata Ibrahim usai laga.

3. Yakin Liga Indonesia bisa terus berkembang

Mantan Kapolda Jabar Rudy Sufahriadi Jadi Wakomut PT PersibPersela Lamongan saat menghadapi Persib Bandung pada 2020. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Ibrahim pun memuji atmosfer sepakbola di Indonesia yang sangat meriah. Ini terlihat dari banyaknya penonton hadir di stadion memberikan dukungan kepada para mantan pemain.

Pemain asal Ghana ini pun cukup kaget bahwa pemain dari negarnya, Michael Essien pernah bermain untuk Persib Bandung. Ini merupakan sinyal bagus dan dia pun akan memantau terus perkembangan sepakbola Indonesia.

"Saya berharap tim bisa lebih baik lagi karena suporter di sini luar biasa," katanya.

Baca Juga: 3 Catatan dari Laga Legenda Persib vs Borussia Dortmund

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya