Mall Click Squre Bandung akan Diubah Jadi Rumah Sakit Swasta

Pendemik buat ekonomi di mall ambruk

Bandung, IDN Times - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan mall Click Squre yang berada di Jalan Naripan akan diubah menjadi sebuah rumah sakit. Dia memastikan di mall tersebut sudah sangat sedikit pelaku usaha yang berjualan. 

"(Trade center di Jalan Naripan) Itu katanya mau beralih jadi rumah sakit. Itu sudah berhenti, tidak berjualan sama sekali," kata Elly saat dihubungi, Senin (30/1/2023)

Dia belum tahu secara detail rumah sakit apa yang bakal dibangun. Namun, dari informasi yang didapat sudah tidak ada yang aktif berjualan. 

1. Pandemik berdampak pada kondisi penjualan di mall

Mall Click Squre Bandung akan Diubah Jadi Rumah Sakit SwastaIlustrasi Mal di Jakarta (IDN Times/Anata)

Menurutnya, pascapandemik COVID-19 masih banyak pusat perdagangan yang tenant-nya gulung tikar. Musababnya perekonomian belum berjalan secara lancar seperti sebelum pandemik. 

"Kan maaf ya, kemarin kondisi COVID-19 berapa tahun, 2020 ke 2022 itu tiga tahun loh. Yang namanya PPKM betul-betul dicabut akhir Desember 2022, kondisi kosong itu karena COVID-19," tutur Elly.

2. Pelaku mall harus berinovasi

Mall Click Squre Bandung akan Diubah Jadi Rumah Sakit SwastaSuasana Mall Ciputra Semarang di masa pandemik COVID-19 (Dok. Mall Ciputra Semarang)

Disdagin meminta kepada para pengelola pusat perbelanjaan dan perdagangan untuk berinovasi membuat sejumlah kegiatan agar menarik perhatian pengunjung.

"Tahun lalu kita gelar seperti dalam rangka Hari Jadi Kota Bandung ada Bandung Festival Diskon, terus ada event-event juga, meski demikian belum seluruhnya dijadikan tempat kegiatan pasar kreatif," ujar Elly.

3. Perbanyak program diskon

Mall Click Squre Bandung akan Diubah Jadi Rumah Sakit SwastaIDN Times/Indiana Malia

Elly menyebut, meski belum semua tempat dapat digunakan untuk event Disdagin Kota Bandung, ia berharap manajemen dapat membuat acara termasuk gebyar diskon barang. 

"Kami harap ada guyuran (diskon) dari manajemen supaya bisa hidup kembali. Misalnya sewanya tidak normal dulu lah, ada diskon, sewa-sewa tenant-nya berharap ramai kembali," kata dia.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Anak saat Berada di Mall, Harus Ekstra!

Baca Juga: Ada Bazar Produk UMKM Kualitas Internasional di Ciputra Mall

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya