Malam Tahun Baru Sepi, Sampah di Kota Bandung Berkurang 5 Kali Lipat

Bandung lebih bersih tanpa perayaan tahun baru

Bandung, IDN Times - Malam pergantian Tahun Baru 2021, di Kota Bandung berjalan kondusif. Bahkan, saat pergantian tahun baru terpantau sepi dan tidak banyak warga yang merayakan di jalan.

Hal itu ternyata berdampak pada pengurangan volume sampah. Di pusat Kota Bandung, volume sampah berkurang hingga lima kali lipat bila dibandingkan pada hari yang sama di tahun-tahun sebelumnya.

Direktur PD Kebersihan Kota Bandung Gun Gun Saptari mengatakan, biasanya tumpukan sampah selepas tahun baru paling banyak ditemukan di sekitar Alun-Alun Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jalan Otto Iskandar Dinata dan sekitarnya. Kawasan tersebut adalah pusat berkumpulnya warga dan wisatwan yang hendak merayakan pesta tahun baru.

Volume sampah di kawasan tersebut bisa mencapai 30 meter kubik selepas malam tahun baru. " Sekarang pada 1 Januari 2021, hanya ditemukan sampah sebanyak 6 meter kubik. Biasanya sampai 6 truk (pengangkut sampah), sekarang hanya 1 truk," ujar Gun gun, Sabtu (2/1/2021).

1. Sampah tahun baru sama dengan hari biasa

Malam Tahun Baru Sepi, Sampah di Kota Bandung Berkurang 5 Kali LipatDPO sampah yang terpaksa ditutup sementara, 23/12/2020 (IDN Times/Andry Mahany)

Dia mengatakan, volume sampah sebanyak 6 meter kubik tak ubahnya sampah yang biasa dihasilkan kawasan tersebut di akhir pekan tanpa ada perayaan khusus. Ini sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Kota Bandung menerapkan aturan penutupan jalan dan pelarangan aktivitas perayaan tahun baru termasuk di pusat kota.

"Jadinya kan tidak banyak orang keluar, secara umum orang di rumah saja. Jadi jumlah sampahnya sama seperti malam-malam Minggu nornal saja kalau mau dibandingkan," ungkapnya.

2. Pengurangan sampah juga terjadi di titik lainnya

Malam Tahun Baru Sepi, Sampah di Kota Bandung Berkurang 5 Kali Lipatilustrasi sampah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Tak hanya di kawasan pusat Kota Bandung, dia mengatakan volume sampah juga secara umum mengalami pengurangan. Di malam pergantian tahun kemarin, total ada pengurangan tonase sampah hingga 3,1%.

"Rata-rata sampah di Kota Bandung 1.300 ton sehari, kemarin berkurang sebanyak 3,1%. Memang tidak banyak (berkurang) kelihatannya, tapi kalau dikalikan itu kan mencapai puluhan ton," ungkapnya.

Dia menyebutkan, peningkatan volume sampah di malam tahun baru sebenarnya tidak terlalu signifikan bila ditarik rata-rata seluruh Kota Bandung. Namun, kenaikan drastis biasa terjadi di pusat Kota Bandung.

Sehingga, penutupan jalan untuk mencegah penyebaran Covid-19 juga berdampak cukup besar untuk mengurangi jumlah sampah setidaknya di pusat kota.

3. Penjagaan ketat sebelumnya dilakukan saat tahun baru di Bandung

Malam Tahun Baru Sepi, Sampah di Kota Bandung Berkurang 5 Kali LipatIDN Times/Azzis

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama jajaran akan berlakukan penutupan sejumlah ruas jalan di Kota Bandung pada Kamis (31/12/2020). Diperkirakan 600 personel gabungan akan bertugas mengamankan malam pergantian tahun baru.

Namun, secara teknis penutupan jalan akan berbeda dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Para petugas akan memantau dan mengawasi para pengendara yang masuk ke wilayah Kota Bandung.

"Teknisnya tidak seperti PSBB, jadi normal seperti biasa hanya kita bisa melihat kalau ada yang masuk ke Kota Bandung atau akan melaksanakan kegiatan di Bandung langsung diantisipasi," kata KBO Lantas Polrestabes Bandung, AKP Dody Kuswanto di Balai Kota Bandung, Rabu (30/12/2020).

Adapun penutupan di Ring I

1. Jalan Otista (Pasar Baru)
2. Jalan Asia Afrika - Jalan Tamblong
3. Jalan Naripan - Jalan Tamblong
4. Jalan Braga
5. Jalan Banceuy - Jalan Asia Afrika
6. Jalan Lembong - Jalan Tamblong
7. Jalan Merdeka
8. Jl. Ir. Djuanda (Cikago sampai simpang Dago)
9. Jalan Purnawarman
10. Jalan Dipatiukur
11. Jalan Alun-Alun Timur

Kemudian ada penutupan di Ring II
1. Jalan Ahmad Yani - Jalan Martadinata
2. Jalan Gatsu - Jalan Pelajar Pejuang 45
3. Jalan Talaha Bodas - Jalan Pelajar Pejuang 45
4. Jalan Lodaya - Jalan Pelajar Pejuang 45
5. Jalan Buah Batu - Jalan Pelajar Pejuang 45
6. Jalan Sriwijaya - Jalan Pelajar Pejuang 45
7. Jalan M. Ramdhan - Jalan Pelajar Pejuang 45
8. Jalan Moh. Toha - Jalan Pelajar Pejuang 45
9. Jalan Otista - Jalan BKR
10. Jalan Kopo - Jalan Peta
11. Jalan Pasir Koja - Jalan Peta
12. Jalan Jamika - Jalan Peta (simpang 5 B)

 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya