Malam Ini, PT KAI Tambah Penjualan Tiket untuk Mudik Lebaran 2019

Jumlah kursi KA tambahan sebanyak 29.456 per hari

Bandung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (API) akan menambah jumlah kereta tambahan pada masa angkutan Lebaran 2019. Penambahan tersebut karena minat pengguna kereta api (KA) meningkat signifikan.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Edi Sukmoro mengatakan, antusias masyarakat menggunakan moda transportasi KA ketiga hari besar Lebaran tercermin dari habisnya tiket kereta favorit pada keberangkatan mulai dari H-7 Lebaran, H-6, dan seterusnya.

Sedangkan untuk arus balik, keberangkatan H2+2 dan H2+3 lebaran menjadi tanggal pilihan para penumpang untuk kembali ke kota asal pada masa arus balik.

Karena itu, kata dia, PT KAI terus meningkatkan pelayanan dengan menambah kereta api tambahan pada angkutan Lebaran 2019. "Adanya KA tambahan ini, tentunya tanpa mengurangi kenyamanan penumpang,” kata Edi dalam konferensi pers di kantor Stasiun Bandung, Jumat (5/4).

1. Tambahan tiket untuk 50 perjalanan

Malam Ini, PT KAI Tambah Penjualan Tiket untuk Mudik Lebaran 2019PT KAI

Edi menuturkan, untuk masyarakat yang telah menanti untuk membeli tiket KA tambahan Lebaran 2019,  PT KAI akan menjual tiket 50 perjalanan KA tambahan mulai tanggal 6 April 2018 pukul 00.01 WIB.

PT KAI akan menambah kereta dengan berbagai rute yang menjadi favorit masyarakat di antaranya dari keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya.

"Jumlah seat pada KA Tambahan sebanyak 29.456 seat KA tambahan per hari," katanya.

Kursi tersebut, kata dia, dijual mulai 6 April dini hari. Jumlah tersebut meningkat 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 27.072 kursi.

Untuk membeli tiket KA tambahan ini, masyarakat tidak selalu masuk melalui aplikasi KAI baik melalui //smartphone// maupun laman web kai.id. Pembelian juga bisa dilakukan di berbagai chanel serta penjualan resmi KAI di stasiun.

2. Gunakan tips ini agar kalian bisa mendapat tiket KA sesuai tujuan

Malam Ini, PT KAI Tambah Penjualan Tiket untuk Mudik Lebaran 2019Istimewa

Beberapa tips yang bisa digunakan oleh calon penumpang saat melakukan perburuan tiket KA untuk Mudik dan Balik Lebaran 2019.

1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.

2. Cari rute dan tanggal alternatif. Jika tiket yang kalian inginkan habis, bisa cari rute alternatif. Misalnya, ketika rute Jakarta menuju Solo habis, kalian bisa memesan jalur Jakarta-Bandung terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak. Bisa juga menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta-Cirebon lalu Cirebon-Solo. Pastikan waktu antarkereta tidak terlalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian kalian untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit.

3. Cek ketersediaan tiket secara berkala. KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun di aplikasi KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada penumpang KA. Oleh sebab itu, apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, maka tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual kembali kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI.

KAI juga mengimbau kepada masyarakat agar membeli tiket di kanal resmi KAl atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Ditargetkan Siap Dilalui saat Mudik Lebaran 

Baca Juga: 40 Kota Ini Bakal Jadi Tujuan Mudik Gratis Bareng Kemenhub Tahun Ini

3. Jangan bawa barang berlebihan

Malam Ini, PT KAI Tambah Penjualan Tiket untuk Mudik Lebaran 2019ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Saat perjalanan Lebaran nanti, para pemudik tidak membawa barang yang berlebihan. Ini dilakukan agar kenyamanan penumpang lain saat berada di stasiun dan di dalam kereta tetap terjaga.

"Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan juga, kami juga meminta agar para penumpang tidak memakai perhiasan yang berlebihan selama perjalanan," papar Edi.

Selain itu, dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA selama masa angkutan Lebaran, KAI kembali akan menggelar program pembagian takjil gratis kepada penumpang di stasiun-stasiun besar dan buka sahur gratis kepada seluruh penumpang KA (kecuali KA Lokal).

Kegiatan ini, menurut Edi, berlangsung pada sepuluh hari terakhir di bulan puasa. Tahun lalu pun, pembagian hidangan puasa ini berjalan sukses dan menuai tanggapan positif dari penumpang. Oleh sebab itu, KAI melanjutkan program tersebut tujuannya agar penumpang tidak perlu repot-repot mencari atau menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur saat sedang dalam perjalanan.

4. Posko angkutan lebaran digelar selama 22 hari

Malam Ini, PT KAI Tambah Penjualan Tiket untuk Mudik Lebaran 2019IDN Times/Nofika Dian

KAI pun, menurut Edi, akan melakukan posko Angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei sampai 16 Juni 2019.

"Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun," kata Edi.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya