Mal Bandung Bisa Buka, Kafe Makan di Tempat Hanya 25 Persen Pengunjung

Akhirnya buka juga mal sama kafe

Bandung, IDN Times - Kota Bandung menjadi salah satu daerah percontohan untuk pembukaan mal. Setidaknya ada 23 mal di Bandung yang siap melakukan uji coba ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menuturkan, sesuai kebijakan baru terkait PPKM Kota Bandung mendapat arahan untuk merelaksasi sejumlah kebijakan. Salah satunya pembukaan mal.

"Mulai besok uji coba. Mal boleh aktivitas dan ruang kapasitas 25 persen. Jadi sekarang bukan kesehatan dan kebutuhan pokok, baju dan fesyen juga boleh," ujar Ema ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (10/8/2021).

1. Persyaratan wajib vaksin dan umur harus ditegakkan

Mal Bandung Bisa Buka, Kafe Makan di Tempat Hanya 25 Persen PengunjungSeorang anak menerima vaksin COVID-19 Sinovac di Sentra Vaksinasi COVID-19 khusus anak di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (24/7/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Ema menegaskan, pihak manajemen mal harus menegakkan syarat pengunjung bisa masuk ke mal. Misalnya, mereka yang bisa datang harus sudah divaksinasi. Selain itu ada syarat umur di mana remaja 13 tahun ke bawah dan orang tua umur 70 tahun ke atas tidak boleh datang dulu ke mal.

"Itu bagian substansi regulasi. Semoga dipahami kebaikan bersama. Utamakan pegawai malnya juga, dan kalau pengunjung belum vaksin jangan dipaksakan," kata dia.

2. Jam operasional hanya sampai pukul 20.00 WIB

Mal Bandung Bisa Buka, Kafe Makan di Tempat Hanya 25 Persen Pengunjungkafe leuweung (instagram.com/leuweung.kopi)

Selain mal, Pemkot Bandung pun mengizinkan kafe dan restoran mempersilakan pengunjung untuk makan di tempat. Selama PPKM dua bulan ke belakang kebijakan tersebut dilarang sehingga semua kafe dan resto hanya bisa berjualan secara daring.

"Makan boleh dine in 25 persen. Jam operasional 20.00 WIB," ungkap Ema.

Dengan relaksasi ini, dia berharap roda ekonomi di Kota Bandung bisa kembali bergulir. Namun, Ema berharap protokol kesehatan diutamakan agar tidak ada penyebaran virus corona sehingga kasus pasien terpapar kembali meningkat.

3. Ada dua mal siapkan vaksinasi di tempat

Mal Bandung Bisa Buka, Kafe Makan di Tempat Hanya 25 Persen PengunjungIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Dinas Kesehatan Ahyani menuturkan bahwa vaksinasi di mal untuk pengunung akan diujicoba di dua mal. Nantinya ada pos untuk pengunjang dan petugas kesehatan yang siap melakukan vaksinasi.

Untuk kuotanya belum bisa dipastikan tapi kemungkinan untuk 250 atau 500 pengunjung. "Kami sudah minta ke provinsi vaksin, jadi gak ganggu alokasi vaksin Kota Bandung," ungkap Ahyani.

Selain itu, Dinkes Bandung juga akan mempercepat vaksinasi untuk pegawai kafe dan resto. Dengan demikian semakin banyak toko yang buka setelah karyawan mereka mendapatkan vaksin.

Baca Juga: Mal Sudah Boleh Buka, Pengusaha Ngaku Beban Keuangan Masih Berat

Baca Juga: Mal Dibuka Bertahap, Wagub DKI: Jangan Ada Aparat Baru Taat Aturan!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya