Comscore Tracker

Mahasiswa ITB Raih 2 Medali Emas di Ajang Skate Asia 2022

Terima kasih telah mengharumkan nama Indonesia

Bandung, IDN Times - Seorang mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Ismail Al Faruqi, berhasil menorehkan raihan gemilang usai mendapatkan dua medali emas dalam ajang Skate Asia 2022.

Skate Asia 2022 adalah kompetisi olah raga ice skating tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Ice Skating Institute (ISI) Asia. Kompetisi ini dilaksanakan di Sunway Pyramid Ice, Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 6-13 Agustus 2022. Gelaran ini menjadi yang pertama setelah terakhir kali dilaksanakan pada 2019 lalu.

Tidak tanggung-tanggung, pada ajang tersebut Ismail berhasil mendapatkan first place atau menggondol dua medali emas di dua kategori berbeda. Kategori tersebut adalah kategori technical dan artistic. Hal tersebut sangat fantastis karena Ismail sendiri ternyata baru 4 bulan menekuni dunia seluncur indah.

“Walaupun baru hitungan 4 bulan, bukan berarti jadi penghalang untuk bisa maju kompetisi,” ujar Ismail melalui siaran pers ITB dikutip, Rabu (31/8/2022).

1. Sempat minder dengan lawan bertanding

Mahasiswa ITB Raih 2 Medali Emas di Ajang Skate Asia 2022IDN Times/Istimewa

Ismail menuturkan, sesaat sebelum bertanding rasa minder sempat menghantuinya. Bagaimana tidak, para pesaing dengan luar negeri terlihat lebih lihai beramain ice skating. Bahkan, dia sudah berbicara pada pelatih bahwa dirinya sudah pasti kalah dari para lawan tersebut

Namun, pada akhirnya Ismail berhasil meraih dua gelar pada ajang tersebut. Menurutnya, tekad yang kuat membuat dia kembali optimis dan mampu mendapatkan dua medali emas.

"Keinginan untuk membentuk pola hidup sehat merupakan suatu motivasi untuk menggeluti olahraga seluncur indah," kata dia.

2. Membuat program latihan khusus sejak Juli

Mahasiswa ITB Raih 2 Medali Emas di Ajang Skate Asia 2022unsplash.com/Kelli McClintock

Sebelum mengikuti lomba, Mail, sapaan akrabnya, mulai membuat program latihan mulai Juli 2022. Beberapa program seperti penampilan menggunakan musik, elemen yang digunakan, koreografi, hingga mempelajari pattern on-ice. Selebihnya Mail melatih fisik dengan melakukan lompat tali hingga pemanasan off-ice sebagai alat bantu latihan.

Mail sendiri mengaku bahwa waktu dan mental menjadi kendala utama dalam mempersiapkan kompetisi ini.

“Pas latihan itu aku masih belum bisa fokus, masih kepikiran hal lain jadinya ga maksimal saat di atas es,” ungkapnya.

Mengatasi kendala tersebut, Mail disarankan oleh Vanessa (kakak tingkat di ITB yang juga peraih prestasi Ice Skating) agar semuanya tidak dibawa stres.

“Mind-body connection. It all starts with the right mindset. Kalo ga dibawa beban dan stres, tiba-tiba aja pasti elements dan program nanti jadi semua,” pesannya.

3. Siap berkompetensi di level yang lebih tinggi

Mahasiswa ITB Raih 2 Medali Emas di Ajang Skate Asia 2022thrillist.com

Mail mengucapkan banyak terima kasih untuk segala dukungan karena sangat berarti dalam prestasinya kali ini. Dengan raihan ini dia ingin terus bermain dan bertanding agar bisa mengikuti kompetisi di level yang lebih tinggi.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya