Mahasiswa ITB Ciptakan Game Matematika, Belajar Lebih Menyenangkan

Matematikan tidak lagi jadi pelajaran yang harus ditakuti

Bandung, IDN Times - Belajar matematika untuk banyak orang masih membingungkan. Deretan angka dan rumus yang harus diingat membuat pelajar enggan ketika harus belajar matematika.

Namun, kali ini pelajar bisa mencoba Game Super Aritmatika yang dirancang guna meningkatkan motivasi belajar matematika. Game ini dibuat kelompok keahlihan aljabar FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berkolaborasi dengan kelompok keahlihan komunikasi visual dan multimedia FSRD ITB. Inovasi ini dibuat dikarenakan penurunan motivasi belajar matematika selama masa pandemik COVID-19.

Kesulitan belajar matematika secara daring disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain yaitu sulitnya materi, media pembelajaran kurang menarik, keterbatasan waktu dan jangkauan guru.

"Oleh karena itu inovasi ini hadir untuk menjawab permasalahan tersebut," dikutip dari siaran pers itb.ac.id, Selasa (22/3/2022).

1. Apalikasi game sudah bisa diunduh secara gratis

Mahasiswa ITB Ciptakan Game Matematika, Belajar Lebih MenyenangkanIDN Times/Istimewa

Game Super Aritmetika diluncurkan pada Desember 2022 dan sudah dapat diunduh secara gratis. Mobile game berbasis Android ini berisi materi perkalian dasar dengan konsep penjumlahan berulang.

Games ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran matematika yang menyenangkan. Selain itu, inovasi ini menjadi bentuk pengabdian masyarakat dari ITB untuk Indonesia.

2. Petualangan tata surat jadi tema game ini

Mahasiswa ITB Ciptakan Game Matematika, Belajar Lebih MenyenangkanIDN Times/Istimewa

Super Aritmetika menyajikan persoalan matematika secara tematik dengan tema petualangan menelusuri tata surya. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Permainan diawali dengan penyelematan planet-planet dari sergapan alien dengan menyelesaikan persoalan matematika yang ada pada setiap planet.

Setiap planet memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Planet merkurius berisi persoalan matematika dengan perkalian satu dan dua hingga planet neptunus yang berisi persoalan matematika campuran 1 sampai 10 dengan batas waktu pengerjaan yang terbatas.

3. Sudah diuji coba sejumlah siswa di Lembang

Mahasiswa ITB Ciptakan Game Matematika, Belajar Lebih MenyenangkanIDN Times/Istimewa

Permainan ini juga sesuai untuk perkembangan kognitif siswa sekolah dasar. Pada usia ini para siswa mengalami peralihan antara represntasi ikonis dan simbolis. Oleh karena itu dalam games ini menampilkan lebih banyak ban yang representasi ikonis, yaitu representasi berbasis gambar yamb menampilkan objek konkret sebagai alat bantu hitung serta diimbangi dengan represntasi simbolis, yakni Bahasa dalam bentuk kode atau simbol matematika.

Games super Aritmetika versi beta telah diperkenalkan dan diuji coba pada beberapa siswa sekolah dasar, seperti di kampung Areng dan Lembang melalui komunikasi daring yang berisi paduan untuk mengunduh permainan.

Permainan ini mendapatkan respon positif dari pengguna. Hal tersebut ditunjukan dengan tingkat antusias siswa yang berhasil menyelesaikan persoalan matematika dalam waktu yang relatif singkat.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya