Mahasiswa dari 25 Kampus di Jabar Ramaikan Aksi Tuntut Kinerja DPR 

Mereka mencoba menerbos gerbang kantor DPRD

Bandung, IDN Times - Ribuan mahasiswa melakukan unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin(23/9). Aksi mahasiswa yang mengkritisi kinerja wakil rakyat tersebut diketahui berasal dari 25 universitas yang berasal dari wilayah Bandung Raya. 

Berdasarkan pantauan IDN Times, para mahasiswa yang ikut demo terus berdatangan hingga sore ini.  Ribuan mahasiswa itu memadati Jalan Diponegoro dimana menjadi lokasi Gedung DPRD dan Kantor Gubernur Jabar.

Ketua Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Pasundan Limas Kuswadi mengatakan, setidaknya ada 25 perwakilan kampus yang hadir. Jumlah ini di luar dugaan karena konsolidasi aksi pun hanya dilakukan sehari sebelumnya.

"Tadi malam kita melakukan konsolidasi dan baru siang kita menyebarkan pamplet. Tapi bisa kita lihat sekarang mahasiswa yang hadir mencapai sekitar 1.500 orang," kata Limas dalam orasinya di depan Gedung DPRD Jabar, Senin (23/9).

Limas mengatakan, seluruh mahasiswa yang datang pada aksi ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjaga harkat dan derajat bangsa. Mahasiswa di Jabar maupun di seluruh Indonesia harus bersatu menolak sejumlah rancangan undang-undang seperti KUHP, KPK, Pertanahan, hingga Permasyarakatan.

"Itu tujuan bersama kita. Meski kita berbeda warna (almamater) tapi harus digarisbawahi bahwa tujuan kita itu sama," ujarnya.

Para mahasiswa ini awalnya berkumpul di depan Gedung Sate sekitar pukul 13.30 WIB. Setelah massa berkumpul mereka kemudian berjalan ke depan Gedung DPRD Jawa Barat (Jabar). Di depan gedung DPRD Jabar mereka kemudian bergabung dengan gerakan mahasiswa yang datang dari arah berlawanan. Semua kemudian tumpah ruah di depan gedung DPRD.

Berbagai spanduk pun mereka bawa dalam aksi ini. Ada yang bertuliskan dewan penindas rakyat, cukup cintaku yang kandas KPK jangan, demokrasi dikorupsi, hingga Indonesia berduka. Setelah melakukan aksi di depan DPRD mereka pun duduk bersama dan menyanyikan sejumlah yel-yel.

Baca Juga: Aksi Gejayan Kondusif, Ribuan Mahasiswa Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Baca Juga: [BREAKING] Ribuan Mahasiswa Aksi di Depan Gedung DPRD Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya