Longsor di Subang, Tim Gabungan Mulai Lakukan Cari Korban Hilang

Ratusan orang harus mengungsi sementara waktu

Bandung, IDN Times - Polisi, Basarnas, TNI, serta BPBD mulai lakukan penyisiran dan pembersihan material longsoran, di Desa Pasanggrahan, Kampung Cipondok, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang. Pembersihan dan penyisiran, rencananya dilakukan dengan menggunakan alat berat. 

"Hari ini TNI Polri bersama BPBD dan masyarakat setempat melaksanakan pembersihan dan penyisiran di lokasi longsor," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, Senin (8/1/2024). 

1. Ada satu warga dipastikan meninggal dunia

Longsor di Subang, Tim Gabungan Mulai Lakukan Cari Korban HilangIlustrasi korban tewas. (IDN Times/Mardya Shakti)

Ibrahim menuturkan, berdasarkan data yang di dapat, ada satu orang meninggal dunia dalam kejadian bencana tanah longsor itu. Korban diketahui bernama Oom (70) berjenis kelamin perempuan.

Sementara terkait dengan korban luka yang masih mendapatkan perawatan, terdapat dua orang. Mereka di rawat di Puskesmas Kasomalang.

"Untuk pengungsi, saat ini berjumlah 50 orang. Sebagian sudah kembali ke rumah masing-masing," katanya.

2. Pendataan korban masih dilakukan

Longsor di Subang, Tim Gabungan Mulai Lakukan Cari Korban HilangLongsor di Kabupaten Subang. Dokumen Istimewa

Sementara itu, sekitar pukul 02.05 WIB Tim Rescue Basarnas Bandung tiba di lokasi kejadian longsor Ds. Cipondok Kec. Kasomalang, Kab. Subang. Tim datang untuk melakukan penyisiran di kawasan yang alami longsor akibat curah hujan yang tinggi 

Dari informasi yang diterima Tim Siaga Basarnas Bandung, akibat longsor tersebut sebuah warung milik warga tertimbun longsor dan juga menyebabkan tertutupnya sumber air. Dilaporkan satu orang warga meninggal dunia atas nama Oom (57), dan satu warga atas nama Dana (42) yang diduga hilang dan masih dalam pencarian tim SAR Gabungan. 

"Selain itu juga data korban hingga saat ini masih dalam pendataan, sehingga jumlah korban dalam pencarian masih akan dipastikan," kata Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika. 

3. Pencarian korban masih di area terbatas

Longsor di Subang, Tim Gabungan Mulai Lakukan Cari Korban HilangDokumen Sar Bandung

Untuk tahap pertama Sar Bandung memberangkatkan satu tim rescue menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan pencarian dan juga evakuasi terhadap warga terdampak longsor di wilayah tersebut, setelah sebelumnya secara intens melaksanakan koordinasi dengan pihak BPBD Subang dan unsur potensi SAR lainnya yang sudah berada di lapangan. Direncanakan hari ini Tim SAR Gabungan akan memulai pencarian sesuai dengan rencana operasi SAR yaitu dengan penyisiran di sekitar lokasi kejadian menggunakan alkon di 2 sektor yakni sektor 1 di area warung warga dengan radius 15 meter dan sektor 2 di area perkiran wisata dengan radius 10 meter.

Diberitakan sebelumnya, tanah longsor menimpa kawasan Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, pada pukul 17.30 WIB, Minggu (7/1/2024). Dalam kejadian itu, belasan orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia. 

Longsor disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi. Hujan yang mengguyur kawasan Desa Pasanggrahan, menyebabkan longsor yang menimpa mata air Aqua.

 

Baca Juga: [BREAKING] Longsor di Kabupaten Subang, Satu Orang Meningal Dunia

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya