Long Weekend, 126.006 Kendaraan Masuk Kota Bandung

Antrean mobil mengular di pintu keluar Tol Pasteur

Bandung, IDN Times - Antrean panjang kendaraan wisatawan memadati pintu keluar Tol Pasteur, Kota Bandung, Jumat(29/3/2024). Kondisi ini akibat libur panjang (long weekend). 

Dari pantauan IDN Times, antrean terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, antrean kendaraan di pintu keluar tol terjadi sepanjang tiga kilometer (km). Sementara arah sebaliknya atau yang hendak masuk dari tol Pasteur terlihat lengang.

Berdasarkan data Jasa Marga, di wilayah Jawa Barat, total sebanyak 126.006 kendaraan atau meningkat 9,14 persen dibanding volume lalu lintas transaksi normal yaitu 115.456 kendaraan transaksi di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya yang melalui jalan tol ruas Padaleunyi.

1. Pasteur alami kenaikan kendaraan 14,9 persen

Long Weekend, 126.006 Kendaraan Masuk Kota BandungIDN Times/Istimewa

Data terakhir yang dihimpun, volume lalu lintas transaksi GT Pasteur (masuk) meninggalkan Kota Bandung tercatat 25.658 atau lebih rendah 7.91% dari lalin normal sebanyak 27.863 dan volume lalu lintas transaksi yang menuju Kota Bandung melalui GT Pasteur tercatat 38.609 kendaraan atau lebih tinggi 14,92 oersen dibanding lalu lintas normal sebanyak 33.595 kendaraan.

Jasa Marga mencatat pula sebanyak 30.795 kendaraan menuju Bandung atau Jakarta meninggalkan wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui GT Cileunyi. Volume lalu lintas transaksi di GT tersebut meningkat 12,44 persen dari lalin normal yaitu sebanyak 27.387 kendaraan.

Sedangkan volume lalu lintas transaksi dari arah sebaliknya atau yang meninggalkan Bandung atau Jakarta menuju Rancaekek atau Sumedang melalui GT Cileunyi tercatat 30.944 kendaraan atau meningkat 16,28 persen dibanding lalu lintas normal sebanyak 26.611 kendaraan.

2. Pastikan kendaraan cukup BBM dan saldo e-toll

Long Weekend, 126.006 Kendaraan Masuk Kota BandungAkses Km 149 Jalan Tol Padaleunyi ditutup malam ini. (Dok/Humas Jasa Marga).

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satriya mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan.

"Kepada pengguna jalan hanya menggunakan 1 e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II, 1 e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar," kata dia.

3. Hari ini belum masuk masa mudik Lebaran

Long Weekend, 126.006 Kendaraan Masuk Kota Bandungpinterest

Sebelumnya, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo memprediksi puncak arus mudik di berbagai ruas jalan di Jawa Barat, kepolisian memprediksi pada 6 April hingga 8 April 2024. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada rentang tanggal itu apabila hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 10 April atau 11 April.

Sementara untuk puncak arus balik mudik lebaran di Jabar akan terjadi mulai 13 April hingga 15 April. Sebab, marak pekerja dan pelajar yang mulai masuk pada 16 April.

"Akan masuk di tanggal 16 April-nya, kita prediksi arus balik di tiga hari ini," kata Wibowo.

Meski demikian, tak menutup kemungkinan akan terjadi gelombang kedua puncak arus balik mudik yang terjadi pada 20 April hingga 21 April. Wibowo memastikan akan menempatkan sejumlah personel untuk mengantisipasi terjadinya gelombang kedua arus balik mudik lebaran.

"Tidak menutup kemungkinan karena jadwal libur sekolah tidak sama atau berlainan kemudian ada beberapa rekan kita karyawan swasta mungkin masuk di tanggal 22," ujar dia.

Baca Juga: 5 Aplikasi Cek Kemacetan dan Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya