Lima Pasar Tradisional di Pantura Indramayu Jadi Titik Kemacetan Mudik

Polisi siapkan rekayasa lalin

Bandung, IDN Times - Lima pasar tradisional di jalur arteri pantai Utara (Pantura) diprediksi bakal menjadi biang kemacetan saat arus mudik Lebaran 2023, nanti. Sebagai antisipasi, Kepolisian Resor (Polres) Indramayu, Jawa Barat akan menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut.

"Dari hasil pemantauan ada lima pasar tradisional sepanjang jalur arteri yang diprediksi menjadi salah satu perlambatan dan kemacetan kendaraan," kata Kapolres Indramayu AKBP Fahri Siregar dilansir ANTARA, Senin (27/3/2023).

1. Bakal jadi titik kepadatan

Lima Pasar Tradisional di Pantura Indramayu Jadi Titik Kemacetan MudikIlustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Menurutnya, lima pasar tradisional di sepanjang jalur arteri pantura Kabupaten Indramayu mulai dari Sukra hingga Sukagumiwang itu diprediksi akan menjadi titik kepadatan arus lalu lintas.

Lima pasar tradisional tersebut, lanjut Fahri, yaitu Pasar Sukra, Patrol, Eretan, Cilet, dan Pasar Tulungagung, di mana titik-titik itu akan menjadi salah satu titik kepadatan dan ini menjadi kewaspadaan, terutama pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2023.

2. Siapkan rekayasa lalin

Lima Pasar Tradisional di Pantura Indramayu Jadi Titik Kemacetan MudikKondisi lalin di sekitar Tol Waru, Kamis, (28/4/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Polresta Indramayu akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas serta menempatkan anggota di titik tersebut agar dapat mengurangi kepadatan yang terjadi.

"Nanti kami akan tempatkan anggota untuk memberikan kelancaran saat ada pemudik yang melintas di lima pasar tradisional," tuturnya.

3. Siapkan pengamanan juga di jalur Cipali

Lima Pasar Tradisional di Pantura Indramayu Jadi Titik Kemacetan MudikTol Cipali (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Selain di jalur arteri pantura, kata dia,  pihaknya sudah mempersiapkan cara bertindak di Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) yang masuk wilayah hukum Polres Indramayu. Apalagi di daerah tersebut terdapat tempat istirahat, katanya, sehingga perlu dilakukan penjagaan, penataan,  dan kesiapan kantong parkir agar tidak menjadi kepadatan terutama ketika arus mudik.

"Di tempat istirahat itu biasanya ada kepadatan, dan kami sudah menghitung kapasitas parkir, di mana nantinya ketika sudah penuh akan dilakukan penutupan," katanya.

Baca Juga: Cegah Kemacetan Saat Mudik, Pemerintah Tambah Cuti Lebaran 2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya