Comscore Tracker

Libur Lebaran Usai, Objek Wisata di Bandung Buka Kembali Mulai Besok!

Awas tetap jaga jarak ketika datang ke tempat wisata

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung memberikan izin terhadap objek wisata untuk kembali beroperasional usai libur Lebaran. Sejumlah objek wisata ini diperbolehkan buka untuk umum mulai Rabu, 2 Juni 2021. Sebelumnya, Pemkot Bandung telah menutup enam kawasan tempat wisata sejak 23 Mei hingga Selasa 1 Juni 2021. 

memastikan tidak memperpanjang penutupan enam kawasan wisata yang ditutup hingga 1 Juni 2021. Mulai 2 Juni, enam tempat wisata tersebut sudah bisa beroperasi seperti biasa.

Adapun keenam kawasan wisata tersebut adalah Kebun Binatang Bandung, Karang Sentra Water Land, Saung Angklung Udjo, Taman Lalau Lintas, Trans Studio Bandung, dan Kiara Artha Park.

"Tempat wisata mengikuti pola sampai tanggal 1 (Juni) besok. Itu berarti untuk tempat wisata itu akan kembali dibuka setelah besok karema sudah habis masa Lebaran," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Balai Kota, Senin (31/5/2021).

1. Masyarakat diharap tidak pergi serentak ke tempat wisata

Libur Lebaran Usai, Objek Wisata di Bandung Buka Kembali Mulai Besok!IDN Times/Debbie Sutrisno

Meski akan dibuka, Oded mengimau masyarakat untuk tidak sembarangan datang ke tempat wisata. Mereka harus melihat kondisi apakah kawasan tersebut penuh atau tidak.

Jangan sampai kembali terjadi kerumunan sehingga berpotensi dalam penyebaran virus corona atau COVID-19. "Tapi untuk menjaga euphoria masyarakat kita akan tetap menjaga prokes di lapangan, kita perkuat pengawasannya," kata dia.

2. Penutupan tempat wisata untuk tekan kasus COVID-19

Libur Lebaran Usai, Objek Wisata di Bandung Buka Kembali Mulai Besok!Ilustrasi Pembuatan Alat Musik Tradisional asal Jawa Barat, Angklung (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Sebelumnya, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, penutupan tempat wisata oleh manajemen sudah sesuai dengan arahan Pemkot Bandung.

Ema mengakui, penutupan tempat wisata di Kota Bandung ini mendapatkan keluhan dari masyarakat karena terkesan mendadak.

Namun, kata dia, kebijakan penutupan tersebut untuk mengantisipasi dan menekan serta mengurangi potensi pergerakan masyarakat di kala pandemik COVID-19.

"Mereka artinya memahamilah karena apapun juga tujuannya untuk kebaikan," ujar Ema.

2. Lonjakan kasus menjadi perhatian Pemkot Bandung

Libur Lebaran Usai, Objek Wisata di Bandung Buka Kembali Mulai Besok!Tenaga kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD) mengambil tes swab dari pekerja pabrik tepung, di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di desa Moriya pinggiran kota Ahmedabad, India, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Ema mengatakan, penutupan enam kawasan wisata ini tidak terlepas dari data pertumbuhan kasus COVID-19 yang cukup tinggi. Berdasarkan data Dinkes Bandung, pada dalam rentang waktu dua pekan lalu, atau sejak Senin (10/5) hingga Minggu (16/5), ada sebanyak 391 penambahan kasus baru. Sedangkan pada sepekan terakhir sejak Senin (17/5) hingga saat ini ada sebanyak 483 penambahan kasus baru.

"Jadi memang kita sesuaikan dengan potensi lonjakan kasuus di Bandung ya. Kemarin itu dalam sehari saja ada lonjakan sampai seratu. Itu menjadi bahan pertimbangan kita," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Tutup Enam Tempat Wisata Mulai Hari Ini!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya