Lahan Gunung Ciremai Kebakaran, 23 Pendaki Masih Terjebak

Petugas sudah berhasil evakuasi puluhan pendaki

Bandung, IDN Times - Petugas masih berupaya mengevakuasi 23 pendaki yang berada di Gunung Ciremai, Kabupaten Kunimgan. Ini berkaitan dengan kondisi kawasan Ciremai yang mengalami kebakaran cukup luas.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan, sebelum kejadian kebakaran pada Rabu (7/8) sore, telah banyak pendaki yang berusaha mencapai puncak Ciremai dari berbagai jalur. Saat ini petugas telah berhasil mengevakuasi puluhan pendaki, walaupun masih ada sejumlah pendaki yang belum mencapai pos awal pendakian.

"Pendaki jalur Palutungan Sebanyak 23 Orang masih dalam proses evakuasi," ujar Budi melalui siaran pers, Kamis (8/8).

1. Api masih menyala dan mengarah ke utara

Lahan Gunung Ciremai Kebakaran, 23 Pendaki Masih TerjebakDok.IDN Times/Istimewa

Hingga siang ini, lanjut Budi, api masih menjalar ke beberapa titik. Dengan cuaca yang cerah dan angin cukup kencang kebakaran masih belum bisa diatasi.

"Api masih menyebar ke arah utara," papar Budi.

Saat ini 84 tim gabungan masih berupaya melakukan pemadaman secara bertahap agar kebakaran bisa segera terselesaikan dan tidak meluas. Pemadaman akan dilaksanakan dengan menggunakan empat jalur, yaitu
Apuy (Pos Utama), Jalur Sadarehe, Jalur Cikaracak dan Jalur Bantaragung.

2. Kebakaran bermula di daerah Gua Walet

Lahan Gunung Ciremai Kebakaran, 23 Pendaki Masih TerjebakDok.IDN Times/Istimewa

Berdasarkan data yang di himpun BPBD, titik mula kebakaran terjadi di wilayah Blok Gua Walet Puncak
Taman Nasional Gunung Ciremai di Desa Babakanmulya Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Kejadian kebakaran di puncak Gunung Ciremai dengan luasan daerah yang terbakar diperkirakan sekitar 308 hektare.

Pusdalops PB BPBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, TNGC, dan BNPB. BPBD Kuningan melakukan Koordinasi dengan TNGC dan BPBD Majalengka
serta Pemantauan di Jalur Palutungan.

3. Surat penutupan jalur pendakian sudah dikeluarkan

Lahan Gunung Ciremai Kebakaran, 23 Pendaki Masih TerjebakSumber gambar: blogspot.com

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuswandono mengatakan, sejak kemarin pihaknya sudah mengeluarkan surat untuk menutup jalur pendakian. Penutupan ini sampai waktu yang belum bisa ditentukan karena kebakaran saat ini masih coba dipadamkan.

"Petugas mengevakuasi semua pendaki yang ada di jalur pendakian baik Jalur Apuy, Palutungan, dan Linggarjati," ujarnya dilansir Antara.

Baca Juga: Kebakaran Sudah Padam, BPBD Cabut Status Tanggap Darurat Gunung Arjuno

Baca Juga: Empat Jalur Pendakian ke Gunung Ciremai Ditutup karena Kebakaran

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya