Laga Persib vs Persebaya Bisa Ditonton Bobotoh, Bonek Dilarang Datang

Harga tiket bisa dicek di IG Persib

Bandung, IDN Times - Persib Bandung akan menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga Indonesia 2023/2024. Bermain di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, laga yang akan diselenggarakan pada Sabtu (20/4/2024) ini bisa disaksikan Bobotoh.

Vice President Operational PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Andang Ruhiat mengatakan bahwa dia sudah melakukan rapat koordinasi pengamanan pertandingan dengan kepolisian dan perwakilan kedua suporter. Hasilnya, Andang pun memastikan laga ini tidak bisa dihadiri pendukung tim tamu sesuai aturan yang masih berjalan.

"Berdasarkan Regulasi Liga 1 dan mekanisme penyelenggaraan pertandingan kandang Persib, kami kembali mengingatkan kepada suporter tim tamu untuk tidak hadir menyaksikan pertandingan Persib melawan Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat," kata Andang, Rabu (17/4/2024).

1. PT PBB tak akan tanggung kerugian tim lawan yang datang ke stadion

Laga Persib vs Persebaya Bisa Ditonton Bobotoh, Bonek Dilarang Datangpotret Ahmad Dhani dan Dul nonton Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo (instagram.com/duljaelani)

Pertandingan Persib vs Persebaya pada pekan ke-32 Liga 1 2023/2024 dijadwalkan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Sabtu, 20 April 2024, pukul 15.00 WIB. Persib pun telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada manajemen Persebaya dan koordinator pendukung Persebaya perihal larangan kedatangan suporter tamu dalam pertandingan tersebut.

Dijelaskan Andang, aturan larangan kedatangan suporter tamu itu tertuang di pasal 51 ayat 6 Regulasi Liga 2023/2024 dan Pasal 141 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023. Konsekuensi atas pelanggaran regulasi itu akan menghasilkan hukuman dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, baik untuk klub tuan rumah maupun tim tamu.

Persib tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami suporter tim tamu dari pelanggaran yang dilakukannya. Karena itu, ia berharap kepada semua pihak untuk menghormati dan mematuhi regulasi yang telah disepakati.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk tidak mengizinkan supporter Persebaya masuk ke area stadion. Pelanggaran atas regulasi tersebut akan merugikan klub dan Persib pun tidak akan menanggung kerugian yang dialami suporter tim tamu jika memaksa hadir di stadion," ujarnya.

2. Persib sempat dirugikan ketika suporter PSIS datang ke Jalak Harupat

Laga Persib vs Persebaya Bisa Ditonton Bobotoh, Bonek Dilarang DatangPemain Persib Bandung berduel dengan gelandang Persija dalam laga lanjutan Liga 1 2023/24. (Dok. Persija)

Sebelumnya Persib sempat dirugikan dengan kedatangan suporter PSIS ke Stadion Si Jalak Harupat pada laga Persib vs PSIS, Selasa (27/2/2024). Kedatangan mereka pun menimbulkan kerusuhan antara pendukung dengan aparat pengamanan.

Kepala Kepolisian Resort Kota (Kapolresta) Bandung Kombes Pol Kusworo Wibiwo membenarkan laga tersebut dihadiri oleh pendukung PSIS Semarang sejak awal pertandingan. Sedikitnya tujuh bus pendukung PSIS datang ke Stadion Si Jalak Harupat untuk menyaksikan pertandingan.

"Jadi begitu pemeriksaan tiket kita mendapatkan ada sekitar tujuh bus dari suporter PSIS. Pada saat kita tahan untuk tidak masuk stadion, mereka memaksa untuk mendobrak pintu. Sehingga oleh panpel dipersilahkan masuk tapi dijaga," kata dia.

Atas kejadian tersebut, Kusworo meminta panitia pelaksana pertandingan agar mengevaluasi hal tersebut. Dia juga mempertanyakan soal pendukung tim tamu yang bisa punya tiket. Padahal, sudah ada aturan jelas pendukung tim tamu tidak diperkenankan datang ke stadion untuk menonton secara langsung.

"Sebaiknya ini menjadi evaluasi panpel. Mengapa yang aturannya tim tamu tidak boleh beli tiket dan tidak boleh datang, mereka bisa membeli tiket sebanyak 500 sampai 600 orang yang membeli tiket. Bahkan terkoordinir tiba-tiba sudah datang di stadion si jalak harupat. Ketika dilarang masuk, mereka sudah membeli tiket," pungkasnya.

3. Persib didenda dan tidak boleh gelar laga kandang dengan penonton

Laga Persib vs Persebaya Bisa Ditonton Bobotoh, Bonek Dilarang DatangPersib.co.id

Akibat kedatangan suporter PSIS ke Bandung dan timbul kerusuhan, Persib Bandung dihukum Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dengan denda dan laga tanpa penonton di kandang dalam satu pertandigan.

Dalam keputusannya, Komite Banding PSSI mengungkapkan hal-hal yang meringankan dan yang memberatkan hukuman untuk Persib Bandung. Hal yang meringankan adalah, kerusuhan terjadi bukan hanya karena suporter Persib, tapi juga karena kehadiran suporter PSIS Semarang.

Kondisi ini membuat laga Persib vs Persija tidak dihadiri penonton. Walaupun akhirnya tim tuan rumah mampu menang dengan skor 2-1.

Baca Juga: Persib Butuh Satu Poin untuk Amankan Tiket Empat Besar Liga Indonesia 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya