Klinik Kesehatan Keluhkan Harga Sarung Tangan Medis Semakin Mahal 

Pemerintah, tolong turunkan harga sarung tangan medis

Bandung, IDN Times - Kebutuhan sarung tangan medis saat ini bukan hanya digunakan oleh tenaga medis untuk keperluan di fasilitas kesehatan. Sarung tangan medis pun kerap dipakai untuk berbagai kegiatan demi menjaga penularan virus dari tangan.

Di tengah kebutuhan tersebut, harga sarung tangan medis juga naik tak karuan. Dalam satu tahun terakhir selama pandemik COVID-19, harganya terus melambung.

Ayodia Rangga, salah satu manajer fasilitas kesehatan di Kota Cimahi menuturkan, saat ini harga sarung tangan medis memang sangat mahal. Kenaikannya bahkan sudah lebih dari 100 persen dibandingkan tahun lalu saat awal pandemik COVID-19.

"Dulu pas awal pandemik ini harganya masih belum mahal sekitar Rp36 ribu per box isi 100. Kalau di distributor bisa Rp50-60 ribu per box. Sekarang sudah sampai Rp200 ribuan," ujar Ayodia saat berbincang dengan IDN Times, Selasa (2/2/2021).

1. Harga di toko sudah naik dari tahun lalu

Klinik Kesehatan Keluhkan Harga Sarung Tangan Medis Semakin Mahal IDN Times/Debbie Sutrisno

IDN Times coba mendatangi sejumlah toko alat kesehatan di Kota Bandung. Di salah satu toko, seorang pegawai menawarkan beberapa merek sarung tangan medis. Merek yang paling bagus dijual Rp190 ribu untuk satu box. Sedangkan merek di bawahnya Rp185 ribu per box

Pegawai tersebut mengatakan, harga sarung tangan medis memang naik karena permintaan yang banyak sehingga stoknya semakin menurun. "Dulu memang sempat hanya Rp60 ribu per box. Tapi sekarang naik harganya," kata dia.

Kondisi serupa ditemui di toko lainnya. Seorang pegawai menawarkan produk sarung tangan dengan merek tertentu dengan harga Rp165 ribu per box. Selain itu ada harganya yang lebih murah namun tetap di kisaran Rp150 ribu per box.

2. Heran dengan harga sarung tangan medis yang melambung

Klinik Kesehatan Keluhkan Harga Sarung Tangan Medis Semakin Mahal Unsplash/brandaohh

Ayodia menuturkan, saat awal pandemik dia sengaja menyetok sarung tangan medis untuk satu tahun. Sebab, sebelumnya harga masker medis sudah mulai merangkak, dan dia menilai kondisi serupa akan terjadi pada sarung tangan medis.

Namun, kenaikan harga sarung tangan medis yang sangat tinggi membuatnya heran. Dia pun curiga produk sarung tangan medis selama ini hanya mengandalkan impor atau adanya spekulan yang bermain.

"Tolong dibantu kami jangan sampai kesulitan mendapatkan sarung tangan medis yang harganya terjangkau," ungkap Ayodia.

3. Dinkes Jabar segera lakukan pengecekan

Klinik Kesehatan Keluhkan Harga Sarung Tangan Medis Semakin Mahal IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Jawa Barat Marion Siagian mengatakan, belum mendapat informasi mengenai tingginya harga sarung tangan medis. Dia akan segera berkoordinasi untuk mencari tahu hal tersebut.

"Belum dapat info (mahalnya sarung tangan medis). Segera saya sampaikan ke farmalkes (kefarmasian dan alat kesehatan)," kata Marion.

Baca Juga: Pandu Riono: Tak Banyak Kepala Daerah Mengakui PSBB Tidak Efektif

Baca Juga: Ridwan Kamil: Data Kasus Amburadul Jadi Pemicu PPKM Tak Efektif

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya