Ketersediaan Beras di Bandung Cukup hingga 5 Bulan ke Depan

Semoga harga bahan pokok tidak naik saat ramadan

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M Danian didampingi Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyan dan perwakilan Bulog Bandung meninjau ketersediaan bahan pangan khususnya beras di gudang Bulog. Dari tinjauan tersebut, Oded memastikan bahwa stok beras untuk masyarakat Kota Bandung cukup untuk 5 hingga 6 bulan ke depan.

"Saya ingin memastikan kesiapan bahan pokok untuk Bandung menjelang ramadan. Dan tadi disampaikan ini 5-6 bulan ke depan sudah siap," ujar Oded, Rabu (7/4/2021).

Bukan hanya beras, ketersediaan jelang ramadan pun mencakupi pangan lainnya seperti beras hingga daging sapi dan kerbau.

1. Masyarakat dipastikan tidak ada kesulitan mendapat bahan pokok saat ramadan

Ketersediaan Beras di Bandung Cukup hingga 5 Bulan ke DepanIDN Times/Debbie Sutrisno

Dengan ketersediaan pangan pokok ini, Oded menegaskan bahwa masyarakat Kota Bandung tidak akan kesulitan mendapat beras atau daging. Untuk harga pun seharusnya tidak melonjak karena stok pangan masih banyak.

Untuk harga beras, Oded memastikan bakal stabil. Jenis beras pun bervariasi mulai dari medium hingga premium. Sedangkan daging sapi beku sekarang harganya di kisaran Rp85 ribu per kilogram (kg).

"Mudah-mudahan saya berharap dengan kesiapan Bulog ini membuktikan pemerintah punya kesiapan menghadapi ramadan, memberikan apa yang terbaik kepada masyarakat," ujarnya.

2. Ada 2.200 ton beras medium siap digelontorkan

Ketersediaan Beras di Bandung Cukup hingga 5 Bulan ke DepanIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Pemimpin Perum Bulog cabang Bandung Yuliani Alzam mengatakan, stok untuk beras medium masih ada hingga 2.200 ton. Sedangkan untuk beras premium jumlahnya mencapai 70 ton yang disiapkan untuk penjualan retail.

Bulog juga sedang menyiapak stok yang akan masuk mencapai 100 ton untuk beras premium. Targetnnya ada stok mencapai 250 ton.

"Insya Allah sisanya 150 ton minggu ini bisa selesai. Jadi total ada 250 ton," kata dia.

Dia menuturkan, untuk ketersediaan daging khususnya kerbau memang sedang kurang. Namun dalam waktu dekat akan ada impor sehingga ketersediaannya bisa tercukupi.

3. Disdagin Bandung pastikan harga barang pokok stabil

Ketersediaan Beras di Bandung Cukup hingga 5 Bulan ke DepanPenjual cabai rawit di Pasar Sidoharjo, Kabupaten Lamongan. IDN Times/Imron

Pemerintah Kota Bandung memastikan stok persediaan sembako menjelang Ramadan 2021 aman. Sampai hari ini harga-harga di pasaran juga terpantau mengalami naik turun. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, sejumlah harga sembako di pasaran masih relatif normal.

"Kami tegaskan kembali stok dan ketersediaan pangan dan kebutuhan pokok masyarakat di Kota Bandung jelang Ramadan aman," ujar Elly di Bandung, Selasa (6/4/2021).
Beberapa kenaikan bahan pokok sempat terjadi beberapa hari kemarin. Elly menuturkan, meski ada kenaikan harga, ada juga beberapa yang mengalami penurunan. Seperti, harga cabai rawit merah yang sempat tembus mencapai Rp120 ribu perkilogram kini mulai turun berkisar di angka Rp80 hingga Rp100 ribu perkilogram.

"Penurunan harga terjadi karena sedang terjadi panen raya. Selain itu, saat ini harga bawang merah turun menjadi Rp32 ribu perkilogram," ungkapnya. 

Baca Juga: Jelang Ramadan 2021, Disdagin Bandung: Persediaan Sembako Aman! 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya