Kesaksian Ajudan Wali Kota Oded M Danial yang Wafat saat Salat Sunah

Oded meninggal pada hari Jumat di Masjid Mujahidin

Bandung, IDN Times - Tiga hari sudah Wali Kota Bandung Oded M Danial wafat. Dia meninggal sesaat sebelum melaksanakan ibadah Salat Jumat di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Jumat (10/12/2021).

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang bertanya bagaimana detik-detik Mang Oded meninggal dunia akibat serangan jantung.

Ajudan `Wali Kota Bandung Andre Pratama adalah salah satu orang yang saat itu paling dekat dengan almarhum Mang Oded. Andre menceritakan bagaimana awal mula Mang Oded pingsan hingga dilarikan ke Rumah Sakit Muhammadiyah.

Di temui di Pendopo Kota Bandung, Andre menceritakan bagaimana Oded wafat dalam keadaan salat.

"Saya mendampingi beliau saat kejadian. Sebelumnya tidak ada tanda beliau merasa lelah. Beliau dalam kondisi prima," kata Andre.

Sebelum menuju masjid, almarhum Oded menjalani kegiatan kedinasan dengan menerima sejumlah tamu penting dan pejabat Pemerintah Kota Bandung.

"Beliau menerima beberapa tamu secara kedinasan dan asisten-asisten daerah yang hari itu laporan terkait perkembangan di pemerintahan Kota Bandung," ucapnya.

1. Hendak memberikan ceramah Salat Jumat

Kesaksian Ajudan Wali Kota Oded M Danial yang Wafat saat Salat SunahASN Kota Bandung doa bersama untuk Oded M. Danial (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Setelah selesai menjalani agenda kedinasan, Oded bersama rombongan yang kerap mengiringinya termasuk para asisten daerah menuju ke Masjid Mujahidin di Jalan Sancang. Dia memang telah diagendakan menjadi khatib salat Jumat di masjid tersebut.

"Di dalam mobil dengan beliau dan kita masih bercanda, bersenda gurau, tidak ada tanda tanda beliau kecapekan. Alhamdulillah saat itu memang beliau dalam keadaan ceria. Kami tidak pernah menyangka beliau akan dipanggil Tuhan," tuturnya.

Sesampainya di Masjid Mujahidin di Jalan Sancang, Andre langsung menggelar sajadah untuk Oded yang saat itu telah siap untuk melaksanakan salat sunah tahiyatul masjid atau salat sunah setelah masuk ke dalam masjid.

Pada saat itu pula, sebelum adzan dikumandangkan, Oded diumumkan oleh panitia shalat Jumat untuk menjadi khatib atau orang yang akan menyampaikan ceramah Jumat.

2. Terjatuh saat rakaat pertama salat sunah

Kesaksian Ajudan Wali Kota Oded M Danial yang Wafat saat Salat SunahInstagram/@mangoded_md

Saat Oded memulai salat sunahnya, setelah kalimat takbir terucap dari mulutnya dan tangannya terangkat sebagai pertanda rakaat pertama, tiba-tiba tubuh orang nomor satu di Kota Bandung itu sempoyongan dan ambruk.

Namun, dengan sigap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan (Kesra) Setda Kota Bandung, Momon Ahmad Imron memeluk tubuh Oded yang sudah tidak sadarkan diri.

"Setelah takbir rakaat pertama, beliau mulai sempoyongan, kemudian tertangkap sama kepala bagian kesra. Secara reflek kami langsung menghubungi Dinkes Kota Bandung untuk meminta ambulans segera. Dan karena yang terdekat RS Muhammadiyah, kami mohon bantuan kesana dan tidak berselang lama beliau langsung dibawa ke IGD," ucapnya.

3. Nyawa Oded tak tertolong meski mendapat penanganan medis di rumah sakit

Kesaksian Ajudan Wali Kota Oded M Danial yang Wafat saat Salat SunahHumas/Pemkot Bandung

Andre tak lepas tanggungjawab, sebagai ajudan, dia terus setia menemani pimpinannya hingga penanganan medis oleh dokter di Instalasi Gawat Darurat RS Muhammadiyah.

Takdir berkata lain, nyawa Oded tidak tertolong meski sejumlah penanganan medis telah dilakukan secara maksimal.

"Usaha dokter di IGD RS Muhammadiyah sudah sangat maksimal. Kami sangat berterimakasih. Waktu itu, dokter bilang kepada saya untuk mengikhlaskan beliau. Bapak sudah enggak ada (meninggal dunia)," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Bandung Oded M Danial dinyatakan meninggal dunia oleh pihak RS Muhammadiyah Bandung sebelum menjalankan ibadah shalat Jumat, (10/12/2021).

"Beliau dinyatakan tidak ada respon dan dinyatakan meninggal dunia pukul 11.55 WIB setelah menjalankan shalat sunnah," kata Kautsar Boesoerie, Direktur Utama RS Muhammadiyah Bandung kepada wartawan, Jumat siang.

Diagnosa awal yang dilakukan oleh pihak RS Muhamadiyah Bandung, Oded diduga meninggal akibat serangan jantung.

"Kemungkinan serangan jantung kalau meninggal mendadak seperti ini," ungkapnya.

Baca Juga: 7 Potret Haru Pemakaman Wali Kota Bandung Oded M Danial di Tasik

Baca Juga: Walkot Bandung Oded M. Danial Wafat, Pendopo Dipenuhi Karangan Bunga! 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya