Kertajati Jadi Pemberangkatan Haji, Ridwan Kamil: Segera Bangun Asrama

Asrama untuk haji dan umrah di Kertajati belum banyak

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut baik kepastian pemberangkatan umrah dan haji yang akan dilakukan di Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka. Bandara ini merupakan salah satu bandara besar dengan fasilitas yang menunjang sehingga tidak salah ketika dijadikan sebagai salah satu tempat pemberangkatan ibadah.

Meski demikian, hal yang harus segera dipikirkan pemerintah pusat adalah persoalan asrama yang sekarang dirasa belum mencukupi. "Jadi tinggal asrama atau tempat tinggal. Tapi kita putuskan untuk dikebut (pembangunannya)," ujar Emil usai menghadiri Jabar Digital Innovation Awards (JDIA), Jumat (6/12).

1. Pembangunan tidak bisa menggunakan APBD

Kertajati Jadi Pemberangkatan Haji, Ridwan Kamil: Segera Bangun AsramaIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Emil, pembangunan asrama ini harus disegerakan tapi jangan sampai menggunakan anggaran dari daerah. Sebab dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak akan mencukupi jika harus membangun asrama luas untuk umrah dan haji.

"Percepatannya itu langsung ke swasta. Sudah ada yang antre, ada lima (perusahaan)," kata dia.

Dorongan kepada pihak swasta pun wajib dipercepat karena waktu menuju puncak ibadah umrah dan haji tidak banyak.

2. Menhub memastikan penerbangan umroh di Jabar ke Kertajati

Kertajati Jadi Pemberangkatan Haji, Ridwan Kamil: Segera Bangun AsramaIDN Times / Antaranews

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan memusatkan penerbangan umrah dan haji wilayah Jawa Barat bagian Timur dan Jawa Tengah bagian Barat di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

“Nanti, semua yang umrah dari Jawa Barat bagian Timur dan Jawa Tengah bagian Barat akan pakai Kertajati,” kata Menhub usai jumpa pers akhir tahun yang bertajuk Capaian Kinerja dan Rencana Kerja Kemenhub Mendukung Visi Indonesia Maju di Gedung Kemenhub Jakarta, Kamis (5/12).

Dia menyebutkan Bandara Kertajati akan melayani penerbangan minimal satu hari satu penerbangan. Diperkirakan ada 180 ribu masyarakat di sana yang merasa senang dengan kepindahan ini karena jaraknya yang lebih dekat.

Secara khusus Maskapai Garuda Indonesia sudah setuju dengan penerbangan haji dan umrah melalui Bandara Kertajati. Selain itu, Menhub akan berkoordinasi dengan Kementerian BUMN untuk menyeimbangkan harga avtur sama dengan di Bandara Soekarno-Hatta.

3. Tengah mengajukan ijin ke Kementerian Agama

Kertajati Jadi Pemberangkatan Haji, Ridwan Kamil: Segera Bangun AsramaMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Saat ini, lanjut dia, pihaknya juga tengah mengajukan izin kepada Kementerian Agama terkait penerbangan haji dan umrah dari Bandara Kertajati.

“Secara khusus Garuda sudah setuju. Kita juga dapat harga avtur yang harganya sama dengan Soekarno-Hatta, tinggal besok saya minta izin Menteri Agama,” katanya.

Ia menuturkan, rencana penerbangan haji dan umrah dari Bandara Kertajati agar bandara tersebut tidak kembali sepi dan melayani masyarakat secara masif.

“Yang kita ingin lakukan ke depan adalah apa yang sudah kita bangun itu, bisa berguna lebih baik. Kalau sekarang kita ada masalah yang namanya Kertajati. Penumpang belum banyak,” katanya.

4. Bandara Kertajati akan mendukung keberadaan bandara lainnya

Kertajati Jadi Pemberangkatan Haji, Ridwan Kamil: Segera Bangun AsramaIDN Times/Debbie Sutrisno

Terpisah, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya menjadikan Bandara Kertajati pusat untuk penerbangan domestik rute luar Pulau Jawa.

Sementara itu, Bandara Husein Sastranegara dikhususkan untuk pesawat baling-baling karena landasannya pendek, agak cekung dan banyak penduduk.

Bandara Kertajati, Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Soekarno-Hatta akan saling mendukung sehingga setiap bandara tersebut dapat beroperasi secara efektif dan efisien serta optimal dalam mendukung perekonomian dan pariwisata nasional.

"Melalui konsep multi-airport system maka lalu lintas penerbangan dan penumpang akan terdistribusi dengan baik, di mana keempat bandara tersebut saling mendukung satu sama lain," kata Awaluddin.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Masalah Kertajati dan Solusinya di Mata Gubernur Ridwan Kamil

Baca Juga: Kuota Haji Ditambah, Biaya Haji Juga Naik 3,1 persen

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya