Kerap Lahirkan Pesepak Bola Nasional, Lapangan SSB POR UNI Kini Cantik

SSB ini sudah banyak menghasilkan pemain sepakbola Indonesia

Bandung, IDN Times - Lapangan POR UNI (Uitspanning na Inspanning) kini punya wajah baru. Renovasi sejumlah fasilitas termasuk di tempat latihan utama dilakukan untuk mempercantik sekolah sepakbola (SSB) ini.

Empat bulan lalu, lapangan utama di UNI hanya beralaskan pasir. Debu menjadi pemandangan tak terelakan ketika para calon pesepakbola Indonesia belatih di tempat ini.

Namun sekarang. rumput hijau terhampar luas sepanjang mata terlihat dari tribun penonton. Lapangan pasir kini berubah menjadi lapangan dengan rumput sintesis.

Tribun penonton meski tak besar, juga tampak segar setelah dipugar. Di sisi lapangan, dibuat juga jogging track. Lapangan UNI kini dilengkapi juga dengan fasilitas penerangan, empat tiang lampu dipasang di bagian pojok.

Sejak Oktober 2022, Lapangan UNI yang berlokasi Jalan Baturaden, Ciwastra, Kota Bandung direnovasi. Pengurus POR UNI menggandeng investor untuk mengubah wajah lapangan yang kerap digunakan berlatih ratusan pesepak bola muda.

1. Habiskan dana Rp4 miliar untuk perbaikan

Kerap Lahirkan Pesepak Bola Nasional, Lapangan SSB POR UNI Kini CantikIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Beny Oewes Direktur POR UNI mengatakan, setelah berjuang selama beberapa tahun para pelatih dan siswa yang ada di POR UNI bisa melihat lapangan kesayangannya menjadi hijau.

"Perjuangan seluruh pelatih, siswa yang selalu mendambakan perubahan rumput dari coklat ke hijau, hari ini kami buktikan," kata Beny kepada wartawan, Selasa (28/2/2023).

Tak tanggung-tanggung, dana hampir Rp4 miliar dihabiskan untuk membuat Lapangan POR UNI lebih layak untuk digunakan dengan menambah sejumlah fasilitasnya.

Harapan agar POR UNI bisa terus melahirkan para pemain berbakat kini muncul dengan wajah baru pada lapangannya. Sejak dulu, SSB ini memang dikenal sebagai sekolah bola yang banyak melahirkan pemain profesional.

Sebut saja Dedi Kusnandar dan Febri Hariyadi adalah pemain jebolan POR UNI yang kini telah andalan bagi tim Persib Bandung. Sebelum itu ada nama Eka Ramdani hingga Adang Hudaya yang merupakan mantan pemain Persib Bandung.

Dia berharap bantuan ini bisa menciptakan lebih banyak pemain sepak bola terbaik yang bisa mengangkat nama baik Liga dan tim nasional Indonesia.

2. Tempat latihan ini dulu sangat tidak layak dipakai main bola

Kerap Lahirkan Pesepak Bola Nasional, Lapangan SSB POR UNI Kini Cantikpotret Febri Hariyadi (persib.co.id)

Salah satu investor, Wandi Wanadi menuturkan, sebelum direnovasi lapangan ini sangat tidak layak digunakan untuk bermain sepak bola apalagi melakukan pembinaan.

"Kalian pernah lihat UNI yang dulu itu kurang layak, sliding tackle juga tidak bisa, sepatu juga rusak terus. Menurut saya kasihan juga karena lapangan tidak layak. Akhirnya saya memutuskan untuk bantu SSB UNI ini," kata dia.

3. Lapangan yang baik akan menghasilkan pemain berkualitas

Kerap Lahirkan Pesepak Bola Nasional, Lapangan SSB POR UNI Kini CantikIDN Times/Debbie Sutrisno

Dengan telah selesainya renovasi lapangan, dia berharap POR UNI bisa kembali melahirkan pemain-pemain sepak bola aandal yang dan berkancah hingga ke level internasional.

"Ya harapannya bisa dapat banyak bibit-bibit muda, selain untuk Kota Bandung buat Jawa Barat, untuk nasional juga internasional dan pastinya lebih memajukan sepak bola Indonesia," tutup Wandi.

Baca Juga: Iwan Bule Dorong SSB Cetak Pemain Terbaik untuk Masuk Timnas

Baca Juga: Menyelami SSB-Akademi Sepak Bola Tanah Air, Dari Sini Mimpi Berawal

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya