Kenang Emmeril, Ridwan Kamil Menangis di Depan Ribuan Warga di WJF 2023

Emil berterima kasih dengan doa yang dihaturkan pada anaknya

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tampil di hadapan ribuan warga yang menghadiri West Java Festival (WJF) 2023 di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. Menggunakan baju warna kuning bertuliskan Nuhun Warga Jabar, dia memberikan paparan mengenai capaian selama lima tahun menjadi gubernur. 

Di tengah riuh sorakan warga terkait hasil kerja Emil dan Uu Ruzhanul, dia tiba-tiba menceritakan kesedihannya ditinggal anak sulung, Emmeril Khan Mumtadz. Eril meninggal dunia tenggelam setelah terbawa arus di Sungai Aare, Swiss. 

"Setelah lima tahun (masa kepimpinan) saya ditinggalkan oleh anak lelaki saya. Itu adalah ujian terbesar yang pernah saya lalui. Tapi berkat doa rakyat Jabar, lima tahun saya lalui dengan semangat, walaupun Eril sudah tidak ada," kata Emil, Minggu (3/9/2023). 

Dengan habisnya masa jabatan ini, Emil pun akan kembali ke rumah dan menjadi warga sipil biasa. Dia berjanji bakal mengurus Zahra dan Arka bersama sang istri. 

Emil mengajal anak muda di Jawa Barat untuk bisa menjadi lilin di tengah kegelapan. Cahaya itu diperlukan untuk menjaga optimisme Indonesia yang lebih baik. 

"Tolong ingatlah semangat ini, kalaj kamu benci pada kebodohan, korupsi, ketidakadilan, maka jadilah generasi yang baik," paparnya. 

Emil pun berterima kasih kepada masyarakat yang mempercayakannya dalam mengambil setiap keputusan penting selama menjabat. 

"Saya mohon maaf lahir batin, seorang pemimpin banyak khilafnya, tidak semua tentu bisa sukses," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya