Kementerian PUPR Pastikan Terowongan Cisumdawu Tak Retak Akibat Gempa

Tol ini masih bisa dilalui kendaraan

Bandung, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan twin tunnel atau terowongan yang ada di Tol Cisumdawu tak mengalami keretakan akibat gempa. Kondisi ini pun tidak membuat hambatan bagi masyarakat untuk berkendara menggunakan akses tersebut.

"Saya tegaskan bahwa twin tunnel itu tidak berbahaya untuk pengguna yang melewati. Laporan yang terjadi soal keretakan itu, sebenarnya itu bukan keretakan tapi bentukan dari segmen-segmen saat pembangunan," kata Pejabat Fungsional Utama Bidang Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR, Achmad Gani, di RSUD Sumedang pada Selasa (2/1/2024).

1. Bangunan RSUD Sumedang aman digunakan pasien

Kementerian PUPR Pastikan Terowongan Cisumdawu Tak Retak Akibat GempaIDN Times/Debbie Sutrisno

Selain melakukan asesmen Tol Cisumdawu, Achmad pun melakukan pengecekan kondisi di RSUD Sumedang. Dari patauan sementara bangunan rumah sakit aman untuk ditempati pasien tak terdampak bencana gempa.

"Kami melakukan asesmen secara kasat mata saja di rumah sakit RSUD ini dan kerusakan itu tidak terlalu signifikan dan saya rasa masih aman seperti yang disampaikan Pak Bupati," ucap dia.

2. Ada 1.004 bangunan rusak akibat gempa

Kementerian PUPR Pastikan Terowongan Cisumdawu Tak Retak Akibat GempaDebbie Sutrisno/IDN Times

Pemkab Sumedang mencatat ada 1.004 bangunan mengalami kerusakan akibat rentetan bencana gempa (sebelumnya data BPBD Jabar ada 409 bangunan). Bangunan yang rusak itu tersebar di delapan kecamatan yakni Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang Utara, Cimalaka, Ganeas, Cisarua, Tanjungkerta, Tanjungmedar, dan Rancakalong.

"Jumlah rusak ringan ada 808 rumah. Kemudian yang rusak sedang ada 93 rumah dan yang rusak berat ada 103 rumah, itu berdasarkan kajian teman-teman di lapangan, perangkat kecamatan dan perangkat desa," kata Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman.

Data bangunan yang telah dihimpun oleh Pemkab Sumedang, selanjutnya akan diverifikasi oleh BNPB. Bangunan yang mengalami rusak berat hingga ringan akan diberi bantuan.

3. Ada 11 warga alami luka ringan

Kementerian PUPR Pastikan Terowongan Cisumdawu Tak Retak Akibat GempaDokumen Antara Foto

Di sisi lain, terdapat 11 warga Sumedang yang mengalami luka ringan akibat gempa. 1 warga masih menjalani perawatan di rumah sakit, sedangkan 10 lainnya sudah pulang kembali ke rumahnya masing-masing. Dia pun memastikan kondisi bangunan RSUD Sumedang aman untuk ditinggali oleh pasien.

"Ada tiga bangunan yaitu VIP, kemudian paviliun, dan sakura, dan itu sudah dilakukan asesmen oleh dinas PU Kabupaten Sumedang bersama BPBD. Hasilnya, ketiga bangunan itu aman, begitupula bangunan yang lainnya di RSUD aman," ujar dia.

"Jadi Sumedang dalam keadaan aman dan terkendali, tetapi kita harus waspada, waspada, dan waspada," lanjut dia.

Baca Juga: ITB akan Identifikasi Penyebab Gempa Sumedang yang Rusak Ratusan Rumah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya