Kemensos Gandeng Kitabisa.com Beri Bantuan pada Warga Bandung

Kerja sama ini sudah salurkan Rp7 miliar untuk warga 

Bandung, IDN Times - Kementerian Sosial (Kemensos) bekerja sama dengan Kitabisa.com menyalurkan bantuan untuk masyarakat kurang mampu di Kota Bandung. Simbolis penyerahan bantuan disampaikan langsung Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada enam penerima manfaat.

“Kegiatan ini memberikan bantuan dari Kita Bisa, terima kasih kepada donatur dan orang baik yang sudah memberikan sumbangsihnya untuk anak-anak kita yang sekarang sakit,” kata Mensos Risma di SLB Negeri A Pajajaran, Selasa (21/2/2023).

1. Warga bisa viralkan mereka yang berhak menerima bantuan lewat medsos

Kemensos Gandeng Kitabisa.com Beri Bantuan pada Warga BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Bantuan diberikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan dan kesulitan ekonomi. Usulan bantuan juga kerap kali Risma terima dari unggahan di media sosial.

“Saya terima kasihh juga ke media dan upload lewat medsos sehingga kami bisa bantu dan menolong melalui Kitabisa,” ujarnya.

2. Tak ada syarat khusus jadi penerima bantuan

Kemensos Gandeng Kitabisa.com Beri Bantuan pada Warga Bandungersonel Satbinmas Polres Blitar Kota menata paket bansos dari Presiden Joko Widodo untuk selanjutnya di salurkan di Kota Blitar, Jawa Timur, Jumat (10/9/2021). Polres Blitar Kota menyalurkan sebanyak 600 paket bansos berisi sembako terhadap sejumlah pedagang di kawasan wisata Makam Presiden Soekarno yang terdampak secara ekonomi akibat penutupan kawasan wisata tersebut yang diberlakukan selama penerapan PPKM guna menekan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Irfan Anshori

Untuk bantuan hari ini, Mensos Risma memberikannya kepada enam anak yang sakit dan perlu mendapatkan bantuan. Uang dan barang tersebut diharap bisa menambal kebutuhan yang selama ini kurang terpenuhi.

Menurutnya, tidak ada syarat khusus bagi penerima bantuan. Kemensos akan langsung turun ke lapangan apabila mendapatkan informasi.

“Untuk yang butuh bantuan ini kami tidak mengimbau, mereka tinggal datang ke dinsos. Kalau ada teman media dimuat juga kami langsung datang ke sana. Jadi begitu, kami tangkap dari medsos, kami datang ke sana,” ujarnya.

“Kemudian, ada yang tidak bisa dipenuhi dari BPJS (untuk kesehatan) kami bantu lewat Kitabisa,” sambungnya.

3. Sudah salurkan bantuan capai Rp7 miliar

Kemensos Gandeng Kitabisa.com Beri Bantuan pada Warga BandungIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Hospital Coordinator Wilayah Jawa Barat Kitabisa.com Restu Rahayu mengungkapkan, nominal yang diberikan kepada penerima manfaat berbeda-beda, tetapi dari Kemensos biasanya sudah tersalurkan Rp 70 juta.

“Dari Kemensos biasanya minimal Rp70 juta, total ada banyak sekitar 2.000 (orang) yang sudah dibantu,” ujar Restu.

Restu menambahkan, sejak awal membantu, bersama Kemensos lebih dari Rp7 miliar bantuan yang sudah disalurkan kepada masyarakat.

“Lebih, sudah ada Rp 7 miliar. Hari ini hanya 6 orang yang dibantu, pengumpulan data dari Desember dan Januari,” tuturnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya