Kebahagiaan Warga Ikut Mudik Gratis dari Kota Bandung 

'War' tiket mudik gratis tak kalah menegangkan

Bandung, IDN Times - Kementerian BUMN menggelar pemberangkatan mudik gratis di sejumlah daerah, salah satunya di Kota Bandung. Beberapa BUMN yang ada di Bandung termasuk Bio Farma ikut memberangkatkan dengan tujuan Yogyakarta dan Wonogiri.

Salah satu pemudik, Ernawati, sangat senang bisa mudik gratis tahun ini. Dia sempat mencari tiket kereta untuk bisa pulang bersama lima orang keluarganya tapi tidak dapat.

"Sempat cari tiket tapi kehabisan. Terus dari tetangga ada yang kasih info tentang mudik gratis ini, saya langsung cek dan daftar. Alhamdulillah dapat," kata Ernawati, Jumat (5/4/2024).

1. Bisa menghemat ongkos pulang kampung

Kebahagiaan Warga Ikut Mudik Gratis dari Kota Bandung IDN Times/Debbie Sutrisno

Pulang berenam ke Wonogiri, Ernawati merasa terbantu dengan adanya program mudik gratis. Jika biasanya dia membutuhkan uang lebih dari Rp2 juta untuk pulang pergi ke kampung, sekarang nominalnya hanya butuh kurang dari Rp1 juta karena ada pogram tersebut.

Dia sebelumnya tidak pulang dalam beberapa tahun termasuk karena ada COVID-19. Harapan untuk mudik tahun ini pun berbuah hasil setelah dapat tiket gratis pulang ke Wonogiri.

"Lumayan saya kan pulang banyakan jadi ongkosnya pasti besar, sekarang ada mudik gratis jadi sangat terbantu," ujarnya.

2. Tiket mudik gratis sangat dinanti

Kebahagiaan Warga Ikut Mudik Gratis dari Kota Bandung Heru Budi Hartono bersama Erick Thohir dan Budi Karya Sumadi melepas pemudik yang mengikuti program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 pada Jumat (5/4/2024). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Rasa syukur juga dirasakan Rini. Warga yang hendak pulang ke Batang ini sudah tiga kali ikut kegiatan mudik gratis bersama Bio Farma.

Dia pun senang karena tahun ini bisa dapat lagi tiket gratis tersebut karena sudah menantinya sejak jauh-jauh hari. Bahkan dia sempat 'war' tiket agar bisa pulang bersama keluarganya.

"Saya sudah kangen mau ketemu saudara. Di kampung memang sudah tidak ada orang tua, tapi masih ada pakde, bukde, bule, dan saudara dari ibu-bapak," kata Rini.

3. Pendaftar mudik gratis tak semua kebagian

Kebahagiaan Warga Ikut Mudik Gratis dari Kota Bandung IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Direktur Pemasaran Bio Farma, Kamelia Faisal mengatakan bahwa mudik gratis kali ini mencapai 486 peserta yang berangkat dengan 10 bus. Mereka yang bisa berangkat merupakan warga yang sudah lama tinggal di Bandung, tapi masih dalam kondisi ekonomi kurang mampu.

Maka, untuk peserta yang mendaftar harus melampirkan surat keterangan dari Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) agar dipastikan yang ikut serta dalam program ini memang layak mendapatkannya.

"Pendaftar itu ada lebih dari 1.000 orang. Cuman yang lolos secara administrasi yang sekarang ini. Jadi kalau dari peminat mudik gratis memang banyak setiap tahunnya," ungkap Kamelia.

Baca Juga: Lebih dari 94 Ribu Peserta Mudik Gratis BUMN Berangkat Hari Ini

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya