Kapolri Imbau Jajarannya Percepat Distribusi Bansos PPKM Darurat

Jangan sampai ada rakyat kelaparan

Bandung, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan peninjauan ke Posko PPKM Mikro di Kantor Kelurahan Turangga, Lengkong, Kota Bandung. Keduanya juga sempat melihat langsung permukiman warga yang layak mendapat bantuan sosial (bansos).

Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk segera melakukan percepatan penyaluran bantuan sosial (bansos) PPKM Darurat kepada masyarakat, yang perekonomiannya terdampak akibat pandemik COVID-19.

"Dalam pelaksanaan PPKM Darurat ini, bantu masyarakat dengan sungguh-sungguh. Lakukan pendataan dan segera distribusikan bantuan. Berikan pengabdian terbaik bagi masyarakat," kata Sigit.

1. Warga penerima bansos diharap tidak menolak bantuan ini

Kapolri Imbau Jajarannya Percepat Distribusi Bansos PPKM DaruratPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan ke Posko PPKM Mikro di Kantor Kelurahan Turangga, Lengkong, Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/7/2021). Pada kesempatan tersebut, mereka juga melihat langsung permukiman warga yang berada di Slum Area atau areal kumuh. (dok. Humas Polri)

Menurutnya, instruksi ini berlaku untuk seluruh jajaran TNI-Polri di wilayah. Pasalnya, dengan adanya bantuan tersebut akan meringankan beban masyarakat di tengah pandemik virus corona seperti saat ini.

Dia berharap dengan terdistribusinya bantuan dari Pemerintah melalui personel TNI-Polri dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga, masyarakat tidak perlu keluar rumah di saat PPKM Darurat.

"Ada bantuan dari pemerintah yang diantar TNI dan Polri, berkenan diterima. Semoga bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Kami imbau, jangan ke mana-mana selama PPKM Darurat," ucap Sigit.

2. Jika penerima bansos masih kekurangan diminta hubungi Bhabinkamtibmas atau Babinsa

Kapolri Imbau Jajarannya Percepat Distribusi Bansos PPKM DaruratIlustrasi pembagian bantuan sosial untuk warga. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Salah satu warga penerima bansos, Karyati (48), tak menyangka rumahnya yang berada di gang sempit, pemukiman padat penduduk itu bakal didatangi Kapolri dan Panglima TNI. Karyati merupakan ibu rumah tangga yang memiliki empat anak. Suaminya, Iwan bekerja sebagai penjahit konveksi. Karyati pun mengaku senang mendapat bantuan dari Kapolri dan Panglima.

"Alhamdulillah, terima kasih. Di sini saya tinggal enam orang, sama anak saya ibu rumah tangga kalau suami kerja," ujar Karyati.

Kapolri dan Panglima TNI pun sempat berbincang dengan Karyati. "Ini kita titip untuk bantu-bantu selama PPKM darurat. Kalau masih kurang hubungi Bhabinkamtibmas atau Babinsa nanti kita kirim lagi," ujar Sigit.

Sementara itu, Marsekal Hadi lantas memberikan boks berisi sembako. Pemilik rumah pun langsung membuka boks yang berisi aneka sembako itu.

"Tuh lengkap, ada mie, beras, ada gula, ada masker, dimanfaatkan dengan baik. Sabar mudah-mudahan Corona segera berakhir dan kita hidup normal lagi," ujarnya.

3. Tinjau vaksiasi massal

Kapolri Imbau Jajarannya Percepat Distribusi Bansos PPKM DaruratIDN Times/Debbie Sutrisno

Selain memberikan bantuan kepada masyarakat, Panglima dan Kapolri juga melakukan peninjauan vaksinasi massal di Youth Center Arcamanik, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan itu menargetkan 4.500 orang bakal disuntik vaksin.

TNI-Polri koordinasi dengan Pemda untuk menetukan sasaran vaksinasi untuk wilayah merah. Perintah pak Presiden untuk cek terkait dengan daerah-daerag yang belum terjangkau vaksinasi.

Baca Juga: Aliansi Pedagang Bandung Tolak Rencana Perpanjangan PPKM Darurat

Baca Juga: Korlantas Polri: Titik Penyekatan Terbanyak di Jabar, Ada 353 Lokasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya