Kapal Nelayan yang Hilang Kontak di Indramayu Akhirnya Ditemukan

Kapal ditemukan di perairan Karawang

Bandung, IDN Times - Sebuah kapal pencari ikan KM Putra Barokah SN yang sebelumnya dikabarkan hilang kontak di perairan Indramayu akhirnya berhasil di temukan. Tim SAR Gabungan berhasil berkomunikasi dengan nahkoda kapal, Dasman, melalui sambungan telepon.

"Dari informasi yang didapat KM Putra Barokah SN mengalami kerusakan di bagian kelistrikan," ujar Kepala SAR Bandung Deden Ridwansah melalui siaran pers, Selasa (8/3/2022).

1. Ditemukan di perairan Karawang

Kapal Nelayan yang Hilang Kontak di Indramayu Akhirnya DitemukanIDN Times/Istimewa

Deden menuturkan, pada 09.35 WIB helikopter HR-3604 dengan 5 orang awal telah mendapat di Bandara Kertajati setelah melakukan pencarian. Di mana pesawat melihat KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari Karawang.

Selanjutnya pada Pukul 10.00 WIB Tim SAR Gab dari Sungai Buntu bergerak menuju KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari menggunakan 2 unit LCR.

"Pukul 10.25 WIB Tim SAR Gab tiba di KM Putra Barokah SN pada koordinat 5°56'52"S - 107°18'37"E dalam kondisi aman," ujar Deden.

2. 19 ABK kapal dalam keadaan selamat dan sehat

Kapal Nelayan yang Hilang Kontak di Indramayu Akhirnya DitemukanIDN Times/Istimewa

Setelah dilakukan pengecekan, 19 POB (awak kapal) dalam kondisi selamat dan sehat. Selantunya Tim SAR Gab di Eretan berkoordinasi dengan pihak vendor VMA terkait operasional alat pemancar sinyal yang digunakan KM Putra Barokah SN.

Sehubungan dengan tim SAR Gab telah berhasil menemukan KM Putra Barokah SN dengan 19 POB dalam keadaan selamat dan sehat maka pada pukul 13.30 WIB maka dilakukan penghentian operasi SAR. Selanjutnya seluruh unsurs SAR kembali ke kesatuannya masing masing.

3. Kapal hilang kontak sejak hari Minggu

Kapal Nelayan yang Hilang Kontak di Indramayu Akhirnya DitemukanPencarian KM Putra Barokah yang hilang di perairan Indramayu. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Kapal KM Putra Barokah Jaya dikabarkan hilang kontak di perairan Eretan, Kabupaten Indramayu. Kepastian hilangnya kontak kapal ini setela SAR Bandung melakukan pencarian selama beberapa hari.

Berdasarkan laporan yang diterima KM Putra Barokah Jaya bertolak dari Pelabuhan Eretan pada Kamis (3/3/2022) pukul 13.00 WIB menuju Ground Fishing. Semua kegiatan dan pergerakan kapal tersebut terpantau oleh aplikasi Yukom VMA.

Namun pada Minggu (6/3/2022) pukul 05.16 WIB kapal tersebut tidak terdeteksi oleh aplikasi tersebut hingga saat ini ( SOS). Adapun kapal bermuatan 18 POB (Person On Board) dengan ID Kapal 30200698.

Baca Juga: Basarnas Gunakan Helikopter Cari KM Putra Barokah di Perairan Indramayu

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya