Kandidat Wakil Wali Kota Bandung, PKS Ajukan Dua Nama Ini

Yana Mulyana belum putuskan siapa kandidat wakil wali kota Bandung

Bandung, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengerucutkan dua nama untuk diusulkan menjadi wakil wali kota Bandung, mendampingi Yana Mulyana. Dua nama tersebut adalah Khairullah dan Siti Muntamah.

Hal itu disampaikan Yana ketika berada di Balaikota Bandung. Nama ini, kata dia, sudah mendapat persetujuan dari DPP PKS.

"Ini sudah ada SK katanya. Itu dari PKS yang sudah menyampaikan," ujar Yana, Senin (14/2/2022).

1. Belum ada komunikasi lanjutan dengan Gerindra

Kandidat Wakil Wali Kota Bandung, PKS Ajukan Dua Nama IniIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait dengan pencarian wakil wali kota, Yana menyebut dirinya belum ada komunikasi lanjutan dengan Partai Gerindra yang sekarang menaunginya. Untuk itu Yana masih berkonsentrasi menjadi pelaksana tugas dan menyelesaikan rencana yang sudah diusung ketika maju dalam pemilihan kepala daerah.

"Saya ikut regulasinya saja. Dan untuk nama wakil wali kota itu diputuskan sama koalisi (Gerindra-PKS-PKB)," kata Yana.

Meski jangka waktu untuk mencari pendamping minimal 18 bulan sebelum periode kepemimpinan berakhir, Yana enggan terburu-buru. Seluruh keputusan diberikan kepada partai politik.

2. Ini rekam jejak Khairullah yang merupakan Ketua DPD PKS Kota Bandung

Kandidat Wakil Wali Kota Bandung, PKS Ajukan Dua Nama IniKetua DPD PKS Kota Bandung Khairullah. Dokuman DPRD Kota Bandung

Satu nama yang masuk dalam radar adalah Khairullah. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua DPD PKS Kota Bandung.

Khairullah terpilih menjadi Ketua Umum DPD PKS Kota Bandung periode 2021-2025, menggantikan Teddy Rusmawan. Sekarang dia juga duduk di kursi DPRD Kota Bandung sebagai Anggota Badan Musyawarah dan Anggota Badan Anggaran untuk periode 2019-2024.

3. Siti Muntamah sekarang duduk di DPRD Jawa Barat

Kandidat Wakil Wali Kota Bandung, PKS Ajukan Dua Nama IniIDN Times/Humas Bandung

Nama lain yang diusulkan PKS adalah Siti Muntamah. Dia merupakan istri dari almarhum Oded M Danial. Saat ini Siti Muntamah merupakan anggota DPRD Jawa Barat periode 2019-2024 dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera.

Sebagai istri wali kota, Siti akhirnya didapuk menduduki sejumlah jabatan seperti Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung (2018-2023), Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kota Bandung (2018-2023), Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Kota Bandung (2016-2021), Ketua Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kota Bandung, Ketua Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) Kota Bandung (2018-2023), Ketua Forum Bandung Sehat (FBS) Kota Bandung (2019-2022), hingga Ketua Warga Peduli Aids (WPA) Kota Bandung.

Selain itu dia juga didapuk sebagai Ketua Forum Bandung Cinta Lansia, Bunda Literasi Kota Bandung, Bunda PAUD Kota Bandung, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bandung, Penasihat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Bandung, sampai Ketua Forum Majelis Taklim Al Ukhuwah Sukaraja.

Baca Juga: Rekam Jejak 4 Nama yang Diajukan Jadi Wakil Wali Kota Bandung

Baca Juga: Ditanya Soal Wali Kota Definitif, Yana Mulyana: Saya Ikut Prosedur Saja

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya