Kampus Uninus Beri Kemudahan Mahasiswa Bayar UKT dengan Mencicil

Banyak mahasiswa Uninus sering nunggak bayaran

Bandung, IDN Times - Universitas Islam Nusantara (Uninus) memberikan kemudahan untuk para mahasiswanya dalam membayar uang kuliah tunggal (UKT) yang biasa dibayarkan per enam bulan atau semesteran, kini bisa dibayar dengan cara mencicil setiap bulan.

Rektor Uninus Obsatar Sinaga mengatakan, selama ini banyak mahasiswa yang tidak membayar uang kuliah secara rutin. Kondisi ini membuat yayasan kesulitan untuk mengembangkan kampus atau memberikan fasilitas kepada para mahasiswa.

"Karena banyak yang tidak bisa membayar makanya kita mencari sistem pendanaan. Semangatnya agar mereka yang ingin belajar tapi tidak punya biaya lebih bisa lebih mudah membayar uang kuliah," kata Obsatar dalam diskusi di Kampus Uninus, Selasa (31/1/2023).

1. Pemberiaan pendanaan tidak sulit

Kampus Uninus Beri Kemudahan Mahasiswa Bayar UKT dengan MencicilIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

CEO OTTO Denny Dilham mengatakan, selama ini banyak mahasiswa yang kesulitan anggaran untuk kuliah sehingga mereka harus menunggak pembayaran bahkan sampai berhenti kuliah. Padahal, pembayaran seperti itu bisa diakali asalkan mahasiswa tersebut memang mempunyai tekad untuk mencari ilmu.

"Maka kita buat sekarang sistemnya dicicil. Karena banyak yang keberatan kalau harus membayar langsung semesteran ketika akan lanjut kuliah," ujarnya.

2. Cukup mengajukan melalui aplikasi

Kampus Uninus Beri Kemudahan Mahasiswa Bayar UKT dengan MencicilIDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk mendapat pendanaan ini tidaklah sulit. Mereka cukup mengunduh aplikasi dan mendaftarkan diri. Nantinya akan ada pengecekan kepada pihak kampus dan mahasiswa untuk memastikan yang bersangkutan memang layak dibantu.

Nantinya mereka bisa menentukan ingin mendapatkan pendanaan berasa besar setiap bulannya untuk dibayar. Karena setiap mahasiswa mempunyai perbedaan kemampuan membayar uang kuliah sehingga tidak disamaratakan.

Kemudahan ini dikerjsamakan dengan PT Indoarta Perkasa Sukses (OTTO) dan Danacita. Nantinya mahasiswa bisa mengakses program ini dengan daftar melalui aplikasi Otto Uninus

"Kita bisa cek data mereka memakai teknologi apakah bisa mendapat bantuan atau tidak," ujarnya.

3. Tak ada bunga kredit dalam pembiayaan bantuan ini

Kampus Uninus Beri Kemudahan Mahasiswa Bayar UKT dengan MencicilIlustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Alfonsus Wibowo selaku Direktur Danacita mengungkapkan bahwa kerja sama pembiayaan dengan bunga nol persen adalah solusi alternatif untuk meringankan beban mahasiswa membayar biaya kuliah. 

”Dengan proses pengajuan pembiayaan yang mudah, sistem pembayaran yang terintegrasi, dan tenor angsuran hingga enam bulan, harapannya mahasiswa akan lebih nyaman dan fokus belajar” ujar Alfonsus.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan inklusi keuangan sekaligus mengajak lebih banyak pihak untuk terlibat. Inovasi teknologi akan terus dilakukan dalam memaksimalkan teknologi digital yang sudah digunakan oleh para sivitas akademika.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya