Kampus ITB Terima 1.950 Kursi untuk Mahasiswa Baru Jalur SNBP 

Selamat yah atas kelulusannya

Bandung, IDN Times - Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.950 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024. Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Selasa, 26 Maret 2024, pukul 15.00 WIB, melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau melalui laman https://snbp.itb.ac.id.

Calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBP 2024 tersebut sudah mewakili calon mahasiswa yang berasal dari 28 provinsi di Indonesia. Di antara 1.950 orang calon mahasiswa yang diterima di ITB tersebut, terdapat 187 orang calon mahasiswa yang merupakan calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

ITB kampus Cirebon menerima 54 asal Cirebon dan sekitarnya dari 207 total mahasiswa baru ITB kampus Cirebon yang diterima melalui SNBP 2024, atau sekitar 26.1 persen. Jumlah tersebut telah termasuk para mahasiswa yang diterima di 3 program studi baru di ITB Kampus Cirebon, yaitu program studi Biologi, Desain Produk, dan Kewirausahaan.

"Hal ini sejalan dengan misi pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, akses dan pemerataan pendidikan tinggi, serta mendorong pengembangan kawasan dan percepatan pembangunan, terutama di daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan sekitarnya," dijelaskan ITB melalui siaran pers, Selasa (26/3/2024).

1. Daftar ulang mahasiswa bisa dilakukan mulai 1 April

Kampus ITB Terima 1.950 Kursi untuk Mahasiswa Baru Jalur SNBP Ilustrasi kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Dari 1950 orang calon mahasiswa yang diterima melalui melalui SNBP 2024, perbandingan jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang diterima ITB adalah sebesar 46:54.

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNBP 2024 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 1 - 5 April 2024 secara daring. Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/info/hasil-seleksi/.

Calon mahasiswa ITB lulusan SNBP 2024 diharapkan untuk memperhatikan secara seksama, informasi mengenai tata cara dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru di laman tersebut. Setelah melaksanakan proses Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB, seluruh mahasiswa ITB lulusan SNBP diharuskan untuk mengikuti kegiatan Sukses Belajar Matematika dan Sains Dasar, Perkuliahan Pancasila, serta rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru ITB. 

2. Mahasiswa tak lulus SNBP bis coba masuk ITB lewat SNBT

Kampus ITB Terima 1.950 Kursi untuk Mahasiswa Baru Jalur SNBP wikipedia.com

Mahasiswa dimohon untuk selalu memperhatikan jadwal dan informasi terbaru di laman https://akademik.itb.ac.id. Selain melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), ITB juga menerima mahasiswa baru program sarjana melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Kedua jalur seleksi tersebut dilaksanakan secara nasional oleh Lembaga Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Meski demikian, ITB juga menyelenggarakan program penerimaan mahasiswa baru secara mandiri, melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan ITB International Undergraduate Program (ITB IUP). Informasi mengenai seluruh jalur seleksi penerimaan
mahasiswa baru program sarjana ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/.

Sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Lembaga Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), para siswa yang dinyatakan tidak lulus SNBP 2024, masih mendapatkan kesempatan untuk mengikuti SNBT 2024. Pendaftaran calon peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SNBT 2024 dapat dilaksanakan di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, mulai tanggal 21 Maret – 5 April 2024.

Sementara pelaksanaan UTBK SNBT akan diselenggarakan pada tanggal 30 April dan 2 – 7 Mei 2024 (gelombang 1), serta tanggal 14 – 20 Mei 2024 (gelombang 2). Informasi lengkap mengenai pendaftaran UTBK dan SNBT 2024 dapat diperoleh di laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

3. Seluruh mahasiswa baru akan kuliah tahun pertama di Jatinangor

Kampus ITB Terima 1.950 Kursi untuk Mahasiswa Baru Jalur SNBP IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebagai informasi tambahan, seluruh mahasiswa baru program sarjana ITB tahun akademik 2024/2025 dari seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa, akan melaksanakan pendidikan tahun pertamanya di ITB Kampus Jatinagor.

Oleh karena itu, ITB mengimbau agar seluruh calon mahasiswa yang akan atau telah melakukan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru, serta akan mempersiapkan tempat tinggal, dapat selalu mengikuti berita-berita terkini melalui laman
https://akademik.itb.ac.id, serta melalui Instagram @akademikitb atau @itb1920.

Baca Juga: Kemendikbudristek: 29.608 Orang Lulus Seleksi SNBP PTN Vokasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya