Kampanye di Bandung, Anies: Ada Sekelompok Kecil Nikmati Ketimpangan 

Anies ajak masyarakat berani lakukan perubahan

Bandung, IDN Times - Calon Presiden Anies Baswedan hadir di Kota Bandung untuk melakukan kampanye bersama Partai Nasdem. Dia didampingi sejumlah tokoh politik dari partai tersebut termasuk Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Bahkan, tampak juga Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla di tengah-tengah panggung bersama Anies.

Dalam orasinya, Anies Baswedan mengajak kepada masyarakat untuk berani mengambil langkah perubahan. Menurutnya, selam setahun lebih berkeliling Indonesia dan bertemu banyak orang, tidak sedikit yang intin melakukan perubahan pada kebaikan di negeri ini.

"Kita menyaksikan selama ini ada sekelompok kecil yang menikmati ketimpangan, menikmati ketidakadilan, yang selama ini justru membuat kita tidak bisa makmur untuk semua. Merekalah yang tidak menginginkan perubahan," kata Anies di Lapangan Tegallega, Bandung, Minggu (28/1/2024).

1. Jangan sampai hukum diatur oleh penguasa

Kampanye di Bandung, Anies: Ada Sekelompok Kecil Nikmati Ketimpangan Pinterest

Perubahan ini termasuk dalam menjaga Republik Indonesia agar tetap menjadi negara hukum, di mana penguasa diatur oleh hukum. Anies ingin Indonesia tidak menjadi negara kekuasaan, di mana hukum diatur oleh penguasa.

"Kita tidak ingin hukum ditekak-tekuk oleh yang memegang kewenangan. Makanya kita berjuang untuk melakukan perubahan," kata dia.

2. Rute perubahan itu mendaki jalan terjal, tidak ringan

Kampanye di Bandung, Anies: Ada Sekelompok Kecil Nikmati Ketimpangan Dokumen IDN Times

Menurutnya, mengambil sikap untuk mengambil rute perubahan memang tidaklah mudah. Layaknya sebuah perjalanan ini adalah jalan mendaki yang terjal.

Meski demikian, walaupun tidak ringan jalan terjal dalam sebuah pendakian akan mengantarkan Indonesia ke puncak keberhasilan baru.

"Ini adalah sebuah pilihan. Kita harus siap konsisten di rombongan perubahan," paparnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun mengajak masyarakat untuk bisa konsisten berada di jalur perubahan dan mendukung calon yang berani mengambil langkah ini.

3. Minta warga tolak iming-iming uang untuk pencoblosan 14 Februari

Kampanye di Bandung, Anies: Ada Sekelompok Kecil Nikmati Ketimpangan IDN Times/Debbie Sutrisno

Anies pun meminta masyarakat untuk tidak tergiur dengan uang dalam menyuarakan pilihannya pada pencoblosan nanti. Menurutnya, selama ini banyak pendukungnya yang tidak dibayar dan justru mengeluarkan keringat sendiri untuk datang dan bertemu dengannya.

Artinya, para pejuang perubahan yang hadir dalam kampanye ini tidak bisa dibeli. Relawan berdatangan dengan keinginannya dan kekuatannya sendiri untuk menuju perubahan Indonesia.

"Ini semua datang dengan semangat swakarsa, swakarya, swadaya. Inilah rakyat Indonesia sesungguhnya yang menginginkan perubahan," ujarnya.

Baca Juga: Surya Paloh dan Jusuf Kalla Hadir pada Kampanye Anies di Bandung 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya