Kadinkes Jabar: Tak Mungkin Ibu Hamil Sampai Melahirkan Hanya Satu Jam

Kondisi ibu tanpa tanda-tanda hamil memang bisa terjadi

Bandung, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jawa Barat, Berli Hamdani ikut bersuara atas pemberitaan yang viral di mana ada seorang wanita di Tasikmalaya, hamil dan melahirkan hanya dalam satu jam saja. Berli menuturkan, berdasarkan ilmu kedokteran tidak mungkin ketika ada wanita hanya hamil dalam satu jam langsung kemudian melahirkan anaknya.

Menurut Berli, segala penciptaan sesuatu pasti melalui proses dan waktunya masing-masing, termasuk penciptaan manusia. "Untuk hamil, tentunya harus sembilan bulan minimal," kata dia ketika dihubungi, Selasa (21/7/2020).

1. Hanya memang memungkinkan ada kondisi medis di mana wanita tidak merasakan tanda kehamilan

Kadinkes Jabar: Tak Mungkin Ibu Hamil Sampai Melahirkan Hanya Satu JamIDN Times / Nana Suryana

Berli mengatakan, terkait pengakuan sang ibu yang mengklaim tengah menstruasi saat melahirkan bayinya itu, Berli menduga ada kondisi medis tertentu yang dialami sang Ibu.

"Mungkin ada kondisi medis yang menyebabkan "menstruasi" tetap datang secara rutin padahal sedang mengandung," katanya.

Ketidaktahuan sang ibu atas kehamilan itu juga bisa terjadi karena dia tidak pernah melakukan kontak atau berkonsultasi kepada tenaga kesehatan.

"Sehingga ibunya tidak diketahui kondisi sebenarnya," katanya.

2. Ahli Obgyn sebut kehamilan yang tidak terasa memang bisa terjadi

Kadinkes Jabar: Tak Mungkin Ibu Hamil Sampai Melahirkan Hanya Satu JamPixabay.com/tasha

Terpisah, Dokter Spesialis Obgyn dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Rusmana Anwar menuturkan, kejadian seperti ini bisa saja terjadi, meskipun hal tersebut langka. Menilik istilah medis, hal ini disebut Cryptic Pregnancy. Di mana arti bahasa latin tersebut adalah kehamilan yang tidak dirasakan atau tersembunyi.

"Menurut pengamatan kami hamilnya itu hamil biasa. Cuma ibunya tidak merasakan hamil tersebut dalam sembilan bulan terakhir," ujar Rusmana ditemui di RSHS Bandung, Senin (20/7/2020) sore.

3. Kasus ini bisa terjadi 1:2.500

Kadinkes Jabar: Tak Mungkin Ibu Hamil Sampai Melahirkan Hanya Satu JamIDN Times / Nana Suryana

Rusmana menyebut, saking langkanya kejadian ini bisa terjadi dengan perbandingan 1:2.500 ibu hamil. Di mana ibu yang mengandung itu tidak merasakan berbagai tanda pada umumnya wanita tengah hamil seperti terlambat haid, muntah, pusing, sering kencing, lemas, atau lesu.

Kejadian tersebut juga bisa dialami seorang wanita yang tengah hamil anak ketiga atau keempat. Sebab, biasanya ketika hamil anak pertama atau kedua tanda kehamilan masih sering dirasakan.

"Kalau anak ketiga sampai kelima sudah jarang merasakan keluhan seperti anak pertama," paparnya.

Baca Juga: Viral Ibu Hamil Hanya Satu Jam, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Obgyn

Baca Juga: Ajaib! Seorang Ibu di Tasikmalaya Hanya Hamil Selama 1 Jam

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya