Kabupaten Bandung Kembali Diterjang Banjir, 22.678 Jiwa Terdampak

BMKG prediksi hujan ringan masih akan mengguyur di Jabar

Bandung, IDN Times - Hujan deras kembali mengguyur wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung dalam beberapa hari ke belakang. Bahkan pada Jumat (20/3), hujan deras terjadi sejak siang sampai malam hari. Hal ini membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung kembali terendam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mendata, dua kecamatan terendam banjir dengan ketinggian air berbeda-beda. Di Kecamatan Dayeuhkolot genangan mulai dari 10-40 sentimeter. Sedangkan di Kecamatan Baleendah 10-30 sentimeter. Banjir tersebut membuat sedikitnya 4.826 rumah, 29 tempat ibadah dan 13 sekolah terdampak.

"Korban terdampak 6.524 kepala keluarga atau 22.678 jiwa. Sebanyak 30 kepala keluarga atau 83 jiwa mengungsi," kata Manajer Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu dalam keterangannya, Jumat (20/3) malam.

1. Posko bantuan sudah dibuka

Kabupaten Bandung Kembali Diterjang Banjir, 22.678 Jiwa TerdampakANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Budi menuturkan, Hasil pantauan sekitar pukul 17.00 WIB, kemarin, tinggi muka air beragam. Air masih menggenangi beberapa wilayah. BPBD masih melakukan kaji cepat ke beberapa lokasi kejadian.

Selain melakukan kaji cepat, BPBD juga telah membuka posko lapangan dan berkoordinasi dengan aparat setempat.

2. BMKG memprakirakan cuaca di Jabar akan hujan ringan pada siang hari

Kabupaten Bandung Kembali Diterjang Banjir, 22.678 Jiwa TerdampakIlustrasi Hujan (IDN Times/Sunariyah)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Jawa Barat hujan ringan sepanjang siang hari. Diperkirakan akan hujan ringan di malam hari. Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat yang beraktifitas di wilayah Jawa Barat. "Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir pada sore hingga menjelang malam hari. di wilayah Bogor, Bekasi, Karawang selatan, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Cianjur, Banjar, Sumedang, Kuningan.", demikian bunyi keterangan informasi yang dikutip IDN Times dari laman resmi BMKG, Sabtu, (21/03).

3. Bandung diprediksi hujan ringan saat sore hari

Kabupaten Bandung Kembali Diterjang Banjir, 22.678 Jiwa Terdampakflickr.com

Kondisi cuaca Bandung diperkirakan hujan sedang pada siang hari dan hujan ringan pada malam hari dengan suhu berkisar 21-29 derajat celcius.

Sementara untuk suhu di 30 wilayah Jawa Barat pada hari ini rata-rata berada di angka 22-31 derajat celcius. Lalu, untuk intensitas kelembaban di 30 wilayah Jawa Barat berada di angka 70-95 persen.

Baca Juga: Air Sungai Meluap, Kerugian Banjir Karawang Capai Puluhan Miliar 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya