Kabar Baik! Tol Bocimi Bisa Dipakai untuk Arus Balik Lebaran 

Polisi akan diberlakukan satu arah

Bandung, IDN Times - Setelah sempat alami longsor, akses tol Bocimi akhirnya bisa digunakan untuk arus balik libur Lebaran. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Jules Abraham Abast mengatakan, untuk arus lalu lintas dari Jakarta ke Sukabumi dibuka dengan one way. Sedangkan kendaraan dari arah Sukabumi menuju Jakarta tetap diarahkan ke exit Tol Cigombong Cicurug.

"Sehingga prioritas utamanya arus lalu lintas sejak pagi hingga sore dibuka untuk kendaraan yang akan menuju Sukabumi," ujar Jules, Sabtu (13/4/2024).

Dalam pengopersian akses tol ini, nantinya di KM 62 karena masih terdapat lubang bekas longsoran akan dialihkan ke jalur A, kemudian akan kembali ke jalur B kembali pada KM 64.600.

1. Arah Jakarta oneway dimulai sore ini

Kabar Baik! Tol Bocimi Bisa Dipakai untuk Arus Balik Lebaran Ilustrasi Jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). (dok. Kementerian PUPR)

Hal senada disampaikan Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Fiekri Adi Perdana. Dia mengatakan, Jalan Tol Bocimi dari mulai KM 60 hingga KM 72 pada momen arus libur Lebaran 2024 ini difungsikan hanya satu arah.

"Kita akan kembali balik untuk jalur one way dari arah Parungkuda menuju Jakarta," kata Fiekri dikutip dari ANTARA.

Adapun pemberlakuan arus satu arah di Tol Bocimi untuk dari arah Jakarta ke Sukabumi pada Sabtu ini diberlakukan pada pukul 07.00 WIB hingga sekitar pukul 14.30 WIB. Sedangkan pemberlakuan arus satu arah sebaliknya ke arah Jakarta diberlakukan mulai pukul 15.00 WIB.

2. Dilakukan penutupan sementara jika hujan terjadi

Kabar Baik! Tol Bocimi Bisa Dipakai untuk Arus Balik Lebaran (Tangkapan layar/X)

Di samping itu, menurutnya Tol Bocimi berpotensi akan dilakukan penutupan sementara jika turun hujan guna mengantisipasi kerawanan kecelakaan. Karena jika turun hujan, menurutnya kawasan Tol Bocimi biasanya turun kabut yang menghambat penglihatan pengemudi.

Menurutnya pada Sabtu ini arus kendaraan yang menuju ke destinasi wisata Pantai Pelabuhan Ratu mulai mengalami kepadatan. Dia mengatakan kepadatan arus tersebut sempat terjadi sejak sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

3. Puncak arus balik lewat akses ini diprediksi pada hari Minggu

Kabar Baik! Tol Bocimi Bisa Dipakai untuk Arus Balik Lebaran Dokumen antara news

Adapun dia memprediksi puncak arus balik dari arah Sukabumi akan terjadi pada Minggu (14/4). Karena menurutnya banyak masyarakat yang memilih untuk menginap di Pelabuhan Ratu pada Sabtu malam dan pulang keesokan harinya.

"Jumat kemarin ada sedikit berbincang dengan pengemudi motor dan mobil, banyak sekali saudara-saudara kita dari Cianjur, Jakarta, Bogor ke Pelabuhan Ratu," katanya.

Baca Juga: DPR Minta Tol Bocimi Diaudit, Curiga Tak Dikerjakan dengan Baik

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya