Kabar Baik! Car Free Day di Bandung Digelar Lagi

Minggu ini CFD Bandung bakal ada lagi

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan Kota Bandung berencana menggelar kembali kegiatan Car Free Day (CFD) pada 6 November 2022. Selama pandemik COVID-19 kegiatan CFD ditiadakan untuk menekan angka penyebaran virus.

"Iya ada CFD biar warga Bandung kebahagiaannya meningkat jadi kami kolaborasi dengan Pemkot Bandung, TNI-Polri, membuka kembali car free day tanggal 6 November 2022,"  ujar Kabid Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Kuswara saat dikonfirmasi, Selasa (1/11/2022).

1. Ada tiga tempat jadi titik CFD

Kabar Baik! Car Free Day di Bandung Digelar LagiPribadi

Menurutnya, pelaksanaan car free day digelar di Jalan Dago, Jalan Buah Batu dan car free night di Jalan Asia Afrika. Asep mengatakan pelaksanaan car free day tidak jauh berbeda dengan kegiatan sebelumnya.

Meski demikian, dia mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu masyarakat diharapkan tidak bereuforia, sebab pandemi COVID-19 belum sepenuhnya tuntas.

"Kita melaksanakan CFD di tanggal 6 April tahun 2020 terakhir, setelah selama kurun waktu dua tahun tidak melakukan CFD karena COVID-19," katanya.

2. Sempat terkendala anggaran

Kabar Baik! Car Free Day di Bandung Digelar LagiIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia mengungkapkan terdapat aspirasi masyarakat di bulan Juli yang menginginkan CFD digelar. Dishub kemudian mengadakan rapat dan mengajukan anggaran di APBD-Perubahan Kota Bandung.

"Kami mengajukan anggaran di perubahan tapi sampai saat ini perubahan gak ada,  dikarenakan mungkin defisit," katanya.

3. CFD sebenarnya memberikan manfaat pada banyak hal

Kabar Baik! Car Free Day di Bandung Digelar Lagipixabay.com/mufidpwt

Ia mengaku kegiatan CFD memberikan dampak kepada pengurangan emisi gas dan menjadi aktivitas menyenangkan untuk masyarakat. Di sisi lain, Asep menambahkan pelaksanaan CFD sering disalahgunakan oleh masyarakat di antaranya dimanfaatkan untuk berjualan, membawa hewan dan lainnya.

Oleh karena itu apabila CFD akan digelar maka pihaknya akan menindak hal tersebut "Kadang (CFD) disalahgunakan jualan, bawa hewan dan lainnya. Nantinya ini akan diatur," katanya.

Baca Juga: Ganjar-Erick Ikut Jokowi CFD di Solo, Sekjen PDIP: Biasa Saja

Baca Juga: Tunjungan Fashion Week Dibubarkan, Eri: Masih Bisa Saat CFD

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya