Jumlah Mualaf di Masjid Lautze 2 Bandung Kian Bertambah 

Penyelesaian bangunan masjid lautze 2 terus diupayakan

Bandung, IDN Times - Masjid Luatze 2 di Kota Bandung menjadi salah satu tempat untuk para mualaf dari warga keturunan tiongkok. Satu per satu masyarakat nonmuslim dari keturunan tersebut memastikan keinginannya untuk memeluk agama Islam dan bersyahadat di masjid ini.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Lautze 2 Koko Rahmat menuturkan, di tengah persoalan pandemik COVID-19 pada 2020, ternyata tidak menyurutkan mereka yang ingin bersyahadat di Masjid Lautze 2.

Dari data yang ada, mereka yang bersyahadat di masjid ini telah mencapai 139 orang. Jumlah tersebut merupakan data dari tahun 2017 hingga tahun 2020.

"Titik kebangkitan kami itu tanggal 23 April 2017 di mana kami telah mengikrarkan syahadat 5 saudara, lalu selama 2017 itu total 28 orang, 2018 itu 32, 2019 ada 48 orang, dan 2020 ada 31 saudara baru, jumlah total ada 139 orang," ujar Rahmat saat berbincang, Jumat (25/12/2020).

1. Berbagai pembinaan dilakukan di Masjid Lautze 2

Jumlah Mualaf di Masjid Lautze 2 Bandung Kian Bertambah IDN Times/dok

Menurut Rahmat, tingginya minat mualaf melakukan syahadat di Masjid Lautze 2 dikarenakan berbagai dorongan. Salah satu faktor utamanya adalah adanya pembinaan yang dilakukan DKM Lautze 2.

"Keunikan karena kita ada pembinaannya, ada komunitasnya, di tempat lain tidak ada, jadi mereka kebingungan, akhirnya mereka lari ke sini, jadi amanahnya kita maksimalkan," terangnya.

Rahmat menyebut, ada beberapa hal yang dilakukan terkait pembinaan sebelum syahadat. Di antaranya pembinaan yang diberikan dimulai tata cara berwudu hingga pelatihan praktik salat.

"Setelah itu kita belajar tata cara berwudu, teori dan praktiknya, tata cara salat dan praktiknya, setelah mengikuti empat pembinaan ini, boleh bersangkutan mengucapkan ikrar syahadat," kata dia.

Selain itu, DKM juga mengajarkan tata cara membaca Al-Quran, kajian aqidah, syariat, dan akhlak dalam agama Islam.

2. Perbaikan infrastruktur terus dilakukan untuk memberikan kenyamanan di Masjid Lautze 2

Jumlah Mualaf di Masjid Lautze 2 Bandung Kian Bertambah Warga muslim terngah bersiap salat di Masjid Lautze 2IDN Times/Galih Persiana

Rahmat menegaskan, perkembangan aktivitas maupun infrastruktur di Masjid Lautze tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. 

"Alhamdulillah kita dapat banyak dukungan dari berbagai pihak. Banyak donatur yang simpati," ujarnya.

Menurutnya, pada 2016 sampai 2017, Masjid Lautze 2 direnovasi agar lebih nyaman digunakan beribadah dan belajar agama Islam. Masjid dengan arsitektur unik tersebut juga meningkatkan aktivitasnya terutama di wilayah sosial seperti berbagi kudapan di Jumat Berkah untuk para jemaah.

Hingga saat ini renovasi yang telah dilakukan pihak DKM Masjid Lautze 2 di antaranya adalah renovasi masjid, renovasi sarana prasarana dan, pembebasan lahan termasuk juga rumah singgah bagi para mualaf

3. Wakaf Salman ITB ikut serta upayakan renovasi masjid

Jumlah Mualaf di Masjid Lautze 2 Bandung Kian Bertambah Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Asisten Manager Program  Wakaf Salman ITB,  Luthfi Wisnuwardhana mengatakan pihaknya telah menggelontorkan dana sebesar Rp950 juta untuk pembangunan masjid Lautze 2. Terbaru,Wakaf Salman menyalurkan dana sebesar Rp200 juta untuk membantu pembebasan lahan Masjid Lautze 2 Bandung

Wakaf Salman ITB berjanji terus berupaya membantu pembangunan di Masjid Lautze 2. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan kenyamanan dan untuk kepentingaan pembinaan para mualaf di masjid tersebut.

"Rencana ditahun 2021 kita akan membantu juga renovasi masjid agar nyaman bagi jamaah dan juga pembinaan para mualaf," imbuhnya.

DKM Masjid Lautze 2 berencana untuk merenovasi penyempurnaan bangunan dan fasilitas di ruko 25, 26, 27, dan 29 yang diharapkan rampung sebelum ramadhan tahun 2021.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya