Jokowi Sambangi Pasar Cicaheum Beri Bansos ke Warga dan Pedagang

Jokowi siap bantu revitalisasi Pasar Cicaheum

Bandung, IDN Times - Presiden Joko Widodo menyambangi pasar Cicaheum di Kota Bandung, Minggu (28/8/2022). Kedatangannya untuk memberikan bantuan sosial kepada pedagang pasar dam warga yang tinggal di sekitar pasar.

Jokowi datang sekitar pukul 09.00 WIB. Ditemani sang istri, Iriana, Jokowi langsung disambut antusias masyarakat yang sudah menunggu sejak pagi hari. Dia pun kemudian bertegur sapa dengan masyarakat yang sudah menantinya.

Setelah itu, Jokowi mendatangi perwakilan warga yang akan menerima bantuan sosial (bansos). Dia sempat berdialog dengan para penerima program PKH. Ia mengingatkan bahwa bantuan yang diberikan agar digunakan untuk modal usaha.

"Untuk tambahan modal usaha," ujarnya kepada ibu-ibu penerima PKH.

Disela-sela berdialog dengan masyarakat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar bantuan tersebut tidak digunakan untuk membeli skincare.

"Jangan buat skincare ya," ujarnya bercanda.

1. Bantuan modal pada pedagang sangat penting

Jokowi Sambangi Pasar Cicaheum Beri Bansos ke Warga dan PedagangIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, kegiatan yang dilakukannya sudah biasa dikerjakan ketika mendatangi suatu daerah. Termasuk memberikan bantuan modal pada pedagang pasar harus dilakukan.

"Sama seperti daerah lain saya memberikan bantuan PKH, bantuan modal kerja untuk pedagang di pasar dan pedagang kaki lima," kata dia.

2. Siap bantu pasar Cicaheum untuk revitalisasi

Jokowi Sambangi Pasar Cicaheum Beri Bansos ke Warga dan PedagangIlustrasi. Kondisi Terminal Cicaheum yang sepi akibat dampak wabah COVID-19 di Kota Bandung IDN Times/Yogi Pasha

Di sisi lain, Jokowi pun siap memberikan bantuan kepada Pemkot Bandung untuk melakukam revitalisasi Pasar Cicaheum agar lebih nyaman untul berjual beli. Namun, perbaikan ini kembali ke pemerintah Kota Bandung karena lahan pasar ini punya badan usaha milik daerah (BUMD).

Menurutnya, pemerintah pusat siap memberikan bantuan kepada setiap pemerintah daerah membangun sebuah pasar menjadi lebih modern.

3. Bersyukur dapat bantuan dari presiden

Jokowi Sambangi Pasar Cicaheum Beri Bansos ke Warga dan PedagangIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu salah satu penerima PKH, Nani (84) berterima kasih atas bantuan yang diberikan Presiden Jokowi. Mendapat bantuan Rp1,2 juta dia bisa membelanjakannya untuk kebutuhan harian.

"Saya sekarang tidak bekerja. Jadi tinggal juga di rumah sama anak karena suami sudah meninggal. Bersyukur sekali dapat bantuan ini," kata dia.

Selain uang tunai, penerima PKH pun mendapat bantuan sembako seperti beras, minyak goreng, camilan, hingga gula.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya